Selasa, 23 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

SMPN 1 Situbondo Persami untuk Didik Kemandirian Siswa

Selasa, 31 Jul 2018 16:45 | editor : AF. Ichsan Rasyid

PAKAI BAJU PRAMUKA: Wakil Bupati SItubondo, Yoyok Mulyadi membakar kayu dalam pemngukuhan Gudep 08.005-08.006, kemarin (30/7).

PAKAI BAJU PRAMUKA: Wakil Bupati SItubondo, Yoyok Mulyadi membakar kayu dalam pemngukuhan Gudep 08.005-08.006, kemarin (30/7). (IZZUL FOR JAWAPOS.COM)

SITUBONDO- Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Situbondo Gugus Depan (Gudep) 08.005-08.006 mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) tingkat penggalang. Kegiatan yang dipusatkan di bumi perkemahan SMP Negeri 1 Situbndo itu diikuti oleh 320 siswa baru kelas VII SMP.

Persami tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Fathor Rakhman, Sabtu (30/7) lalu.  Dalam amanatnya, Fathor menyampaikan, tujuan diselenggarakannya persami untuk mendidik kemandirian anak pada usia belasan tahun. Dengan harapan, siswa baru di kelas VII mampu menjadi pramuka sejati. Sehingga , bisa mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan agama.

"Landasilah kehidupan ini dengan Dasa Dharma dan Tri Satya. Seperti yang dicontohkan dalam kegiatan Persami. Juga tetap jaga kekompakan antar sesama anggota pramuka,” tuturnya.

Kepala SMPN 1 Situbondo, Dra.Hj.Tatik Krisnawati mengatakan, kegiatan persami merupakan agenda rutin tahunan. “Pesertanya merupakan siswa baru yang menjadi anggota pramuka. Persami digelar sebagai ajang silaturrahmi dalam mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka. Sehingga, mental siswa terbina dan disiplin dalam menjalani kehidupan,” ucapnya.

Selain itu, kata Hj. Tatik, pramuka juga peserta didik untuk selalu tolong menolong dalam hidup.  Melakukan perbuatan positif yang membangkitkan semangat. “Dengan berkembangnya pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman setiap anggota, maka diharapkan mampu membentuk karakter kemandirian bagi anggota pramuka gudep 08.005-08.006,” tuturnya.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh kadispendikbud yang didampingi Kepala SMP Negeri 1 Situbondo. Selanjutnya, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Situbondo melantik Gudep 08.005-08.006 (Persami) di lapangan basket SMPN 1 Situbondo.

Pengukuhan Gudep 08.005-08.006 ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab Situbondo. Selain pengurus kwarcab, hadir dalam pengukuhan tersebut gerakan pramuka Kabupaten Situbondo, komite sekolah dan wakil Bupati Situbondo, H.Yoyok Mulyadi M.Si.

 Dalam sambutannya, H. Yoyok berharap anggota pramuka gudep 08.005-08.006 bisa berkembang dan mengikuti kegiatan yang diadakan kwarcab maupun kwartir cabang nasional (kwarnas).

“Ketua dan pengurus kami harap juga mampu memberi pembinaan kepada peserta didik. Tujuannya agar mereka lebih baik dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan tanpa perlu melihat kurikulum yg dipakai di sekolah. Sebab kegiatan yang dilakukan di kepramukaan sudah ada nilai pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Sehingga kegiatan kepramukaan dapat menjadi teladan dalam mengembangkan karakter peserta didik ,” terang Wabub. (zul/pri/adv)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia