Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Kiriman Material Telat, SIM Diganti Kertas

31 Juli 2018, 13: 05: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SAH: Baur SIM Polres Banyuwangi Aiptu Andik Purwolaksono memberikan SIM sementara kepada salah seorang pemohon, kemarin (30/7).

SAH: Baur SIM Polres Banyuwangi Aiptu Andik Purwolaksono memberikan SIM sementara kepada salah seorang pemohon, kemarin (30/7). (DEDY JUMHARDIYANTO/JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI - Bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayah hukum Polres Banyuwangi saat ini tampaknya harus puas dengan hanya mendapatkan SIM kertas sebagai pengganti. Pasalnya, dropping material SIM dari Korlantas Mabes Polri untuk semua golongan mengalami keterlambatan sejak sepekan terakhir.

Kasatlantas Polres Banyuwangi  AKP Ris Andrian Yudo Nugroho melalui Bagian Urusan (Baur) SIM Aiptu Andik Purwolaksono mengatakan, kekosongan blangko SIM di Mapolres Banyuwangi terjadi karena adanya keterlambatan dari Korlantas Mabes Polri.

Andik belum memastikan kapan blangko SIM tersebut akan kembali menerima kiriman material SIM. Kekosongan tersebut tidak hanya terjadi di Banyuwangi, melainkan juga Polres jajaran di wilayah hukum Polda Jawa Timur. ”Kita belum bisa memastikan kapan blangko tersebut ada. Namun demikian, pelayanan permohonan SIM untuk semua jenis tetap kita layani dan berlangsung seperti biasa,” ungkapnya.

Menurut Andik, setiap hari pihaknya menerima rata-rata 200 orang pemohon SIM baik pemohon perpanjangan atau baru. Sampai saat ini, lebih dari 600 orang pemohon SIM belum mendapatkan bentuk fisik SIM.

Meski belum mendapatkan SIM, pihaknya memberikan  SIM sementara. Pemohon SIM yang telah lulus ujian atau yang melakukan perpanjangan diberikan surat keterangan tanda bukti SIM sementara.  ”SIM sementara yang kami berikan sah dan berlaku jika ada pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor di jalan raya, termasuk untuk perjalanan ke luar pulau.  Jadi masyarakat tidak perlu risau,” harapnya.

Jika ada pemeriksaan oleh anggota satuan lalu lintas (satlantas) di jalan raya di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipastikan akan sah dan berlaku. Karena pada SIM sementara juga tertera nomor registrasi dan bisa dicek secara online. ” Jika material SIM sudah tersedia, para pemohon bisa menukarkan SIM sementara ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres Banyuwangi sesuai tanggal yang telah ditentukan atau yang tercantum,” tandasnya. (ddy)

(bw/ddy/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia