Jumat, 19 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Hari Ini Deadline Perbaikan Syarat Bacaleg

Selasa, 31 Jul 2018 12:55 | editor : AF. Ichsan Rasyid

Hari Ini Deadline Perbaikan Syarat Bacaleg

BANYUWANGI – Masa perbaikan daftar calon dan syarat bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) akan berakhir hari ini pukul 24.00 (31/7). Hingga pukul 09.00 kemarin (30/7), belum satu pun partai politik (parpol) yang menyerahkan hasil perbaikan daftar calon dan syarat bacaleg pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi.

Komisioner KPU Banyuwangi Suherman mengingatkan seluruh parpol untuk segera mengembalikan berkas hasil perbaikan tersebut. KPU akan membuka ”loket” penyerahan berkas pencalonan tersebut hingga pukul 24.00. ”Penyerahan berkas harus dipastikan belum terlambat dari deadline,” ujarnya kemarin (30/7).

Suherman menuturkan, dari seluruh bacaleg yang berkas pendaftarannya dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS), beberapa di antaranya terjadi akibat fotokopi ijazah yang dilampirkan belum dilegalisir. Ada pula yang belum melengkapi salah satu di antara tiga item hasil pemeriksaan rumah sakit (RS), yakni sehat jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkoba. ”Ada juga yang lupa mencentang poin tidak pernah dipidana oleh pengadilan,” kata dia.

Menurut Suherman, pihaknya sudah menyampaikan kepada seluruh liaison officer (LO) alias tim penghubung partai politik untuk memenuhi semua persyaratan yang kurang tersebut. Sebab, jika sampai akhir masa perbaikan syarat pencalegan masih ada bacaleg yang dinyatakan BMS, maka caleg tersebut akan dicoret. ”Tidak bisa masuk daftar caleg sementara (DCS) dan tidak bisa melaju ke tahap selanjutnya hingga penetapan daftar caleg tetap (DCT),” kata dia.

Seperti pernah diberitakan, partai-partai calon peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 di tingkat Banyuwangi punya pekerjaan rumah (PR) cukup berat. Berdasar hasil verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, separo lebih dari total 621 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) asal 14 partai politik perlu melakukan perbaikan berkas persyaratan calon.

KPU sudah menyerahkan hasil verifikasi persyaratan pencalonan dan persyaratan bakal calon kepada 14 parpol. ”Pada prinsipnya 14 parpol yang kami verifikasi, sudah kami beri dokumen hasil verifikasi. Hasil verifikasi yang kami lakukan, lebih dari 50 persen bacaleg perlu perbaikan berkas persyaratan calon,” ujar Suherman.

 Parpol memiliki waktu melakukan perbaikan berkas persyaratan bacaleg tersebut sejak 22 Juli sampai 31 Juli. Dijelaskan, perbaikan dilakukan sekali. Terutama berkas syarat calon. (sgt)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia