Jumat, 19 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Events

450 Penari Gandrung Diseleksi

Kamis, 26 Jul 2018 18:30 | editor : Bayu Saksono

ANGGUN: Ratusan penari gandrung sewu diseleksi oleh panitia di lapangan RTH Maron, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (25/7).

ANGGUN: Ratusan penari gandrung sewu diseleksi oleh panitia di lapangan RTH Maron, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (25/7). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

GENTENG - Partisipasi masyarakat dalam Festival Gandrung Sewu, tampaknya cukup tinggi. Untuk mengikuti ajang bergengsi itu, sebanyak 450 siswi dari enam kecamatan yang ada di Banyuwangi Selatan mengikuti seleksi di lapangan RTH Maron, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (25/7).

Untuk bisa ikut dalam Festival Gandrung Sewu, para peserta harus mengikuti deretan seleksi. Karena peserta yang membeludak, maka seleksi akan dilakukan dengan ketat. “Ini ada 450 penari yang ikut seleksi,” cetus Budianto, 55, penanggung jawab Festival Gandrung Sewu.

Peserta seleksi sebanyak 450 anak itu, terang dia, pelajar tingkat SMP dan SMA. Dalam seleksi ini, agar bisa terpilih dalam Festival Gandrung Sewu, maka harus bisa menampilkan tarian terbaiknya. “Ini dari enam kecamatan di Banyuwangi Selatan,” terangnya.

Enam kecamatan itu, lanjut dia, dari Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Genteng, Tegalsari, Sempu, dan Gambiran. “Syarat utama dalam seleksi ini para pelajar harus bisa menari, khususnya tari gandrung. Tinggi badan di atas 140 centimeter,” ungkapnya.

Budianto mengaku belum tahu pasti dari 450 peserta yang ikut seleksi ini, nantinya akan diambil berapa. Dari hasil pengamatannya, talenta penari gandrung di Banyuwangi sangat merata. Hampir seluruh kecamatan mempunyai penari yang berbakat. “Semua penari tampil bagus, ini yang membuat kami kesulitan untuk melakukan seleksi,” cetusnya.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia