Selasa, 20 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi
SMPN 1 Giri

Gelar Malam Inagurasi untuk Siswa Baru

Rabu, 25 Jul 2018 08:30 | editor : AF. Ichsan Rasyid

KHIDMAT : Para Peserta Didik Baru mendengarkan sambutan Pembina OSIS Panji SPd dalam Apel Pembukaan Malam Inagurasi SMPN 1 Giri.

KHIDMAT : Para Peserta Didik Baru mendengarkan sambutan Pembina OSIS Panji SPd dalam Apel Pembukaan Malam Inagurasi SMPN 1 Giri. (BAGUS FOR JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Para peserta didik baru SMPN 1 Giri mengakhiri kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan perhelatan Malam Inagurasi Jumat lalu (20/7).

Malam inagurasi SMPN 1 Giri ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut para peserta didik baru. Ketua OSIS SMPN 1 Giri Ilham Fajar mengatakan, acara inagurasi bertujuan untuk melatih mental dan kedisiplinan siswa. Selain itu, kata dia, para peserta didik baru saling menunjukkan bakat masing-masing di acara Malam Inagurasi.  ”Mereka menunjukkan bakat-bakatnya, antara lain bernyanyi dan menari,” ujar Ilham.

Sementara itu, Malam Inagurasi juga merupakan sarana para siswa baru untuk bersosialisasi dengan sesama siswa, guru, dan seluruh komponen sekolah. Selain sebagai ajang bersosialisasi dan menunjukkan bakat para siswa baru, Malam Inagurasi juga bertujuan untuk mengajari siswa baru untuk peduli terhadap sesama.

Pembina OSIS SMPN 1 Giri Panji menambahkan, siswa baru yang mengikuti Malam Inagurasi memang diwajibkan membawa logistik seperti beras dan mi instan. Logistik dari siswa tersebut, nanti akan didistribusikan kepada yang kurang beruntung. ”Memang salah satu tujuan diadakan Malam Inagurasi adalah untuk memupuk jiwa sosial yang ada di dalam diri peserta didik baru,” tuturnya.

Panji menambahkan, sekolah tersebut memang memiliki program Siswa Asuh Sebaya (SAS). Karena itu, tujuan mereka mengumpulkan logistik dari para peserta didik baru kali ini untuk membantu yang kurang beruntung. ”Jadi, dari siswa untuk siswa, melalui program Siswa Asuh Sebaya,” tuturnya.

Dalam acara Malam Inagurasi tahun ini, Panji berpesan agar semua peserta didik baru untuk mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.  Nantinya, ilmu yang didapat saat Malam Inagurasi maupun saat MPLS, diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan bersekolah dan bermasyarakat. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia