Jumat, 19 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Info Rumah Sakit

Imunisasi Dasar Ciptakan Generasi Tangguh

Rabu, 25 Jul 2018 07:50 | editor : AF. Ichsan Rasyid

IBU-IBU MUDA: Peserta antusias mengikuti PKRS di RS Al Huda.

IBU-IBU MUDA: Peserta antusias mengikuti PKRS di RS Al Huda. (RS AL HUDA FOR JAWAPOS.COM)

GAMBIRAN – Untuk mencetak generasi milenial yang mumpuni, mampu bersaing di era digital, perlu disiapkan sumber daya manusia berkualitas.

Apalagi, Indonesia akan meraih masa keemasan dengan adanya bonus demografi tahun 2020-2030. Pada saat itu, usia produktif penduduk Indonesia mencapai lebih 70 persen dari total jumlah penduduk.

Untuk meraih manfaat bonus demografi ini, diperlukan usaha bersama dari seluruh lapisan masyarakat. Termasuk lembaga terkait, serta pemerintah sebagai agent of development.

Rumah Sakit Al Huda (RSAH) yang juga sebagai agent of development, ikut berperan aktif dalam usaha menyiapkan SDM berkualitas sejak dini.  Hal ini terungkap dalam kegiatan rutin PKRS di RSAH Jumat lalu (20/7).

Kali ini, tim PKRS menyampaikan pentingnya imunisasi dini pada anak. ”Dengan mendapatkan imunisasi sejak dini, maka anak akan menjadi kebal terhadap penyakit. Sehingga dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas, serta dapat mengurangi kecacatan. Tentunya dengan anak yang selalu sehat maka akan menjadi generasi yang sehat pula,” jelas Denik Suci Murniasari AmdKeb, tim PKRS RSAH.

Menurut Denik, imunisasi merupakan usaha memberikan kekebalan pada bayi dan anak dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Tujuannya, agar tubuh membuat zat anti untuk mencegah terhadap penyakit tertentu. ”Sedangkan vaksin adalah bahan yang dipakai untuk merangsang pembentukan zat anti yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan seperti vaksin dan melalui mulut,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Rawat Jalan RSAH dr Soegeng Hery P. MMRS menjelaskan, imunisasi diberikan bisa melalui suntikan seperti vaksin BCG, DPT, dan Campak. Ada juga vaksin yang masuk melalui mulut yakni vaksin polio.

Dengan diberikan imunisasi, kata Soegeng, maka anak akan terhindar dari penyakit seperti polio, campak, difteri, pertusis atau batuk rejan, tetanus, TBC, dan hepatitis.

Dia menambahkan, bagi masyarakat atau ibu-ibu yang menghendaki informasi lebih tentang imunisasi dasar, atau pelaksanaannya, bisa menghubungi RS Al Huda di nomor 0333-842034. ”Masyarakat juga bisa langsung datang langsung ke poli KIA KAB RS Al Huda, Jalan Raya Gambiran No 225 Gambiran Banyuwangi,” pungkasnya. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia