Jumat, 19 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Features
Penuhi Pagar dengan Lukisan untuk Menarik

Kampung Tajhin Palappa Di Kota santri

Rabu, 25 Jul 2018 00:07 | editor : AF. Ichsan Rasyid

KREATIF: Tembok di lingkungan RT/Rw 2 dipenuhi dengan lukisan tiga dimensi untuk menarik pengunjung ke Kampung Tajin Palappa.

KREATIF: Tembok di lingkungan RT/Rw 2 dipenuhi dengan lukisan tiga dimensi untuk menarik pengunjung ke Kampung Tajin Palappa.

Berbagai Lukisan menghiasi dinding. Tempat yang akan diluncurkan sebagai Kampung Tajhin Palappa ini mulai didatangi para pengunjung. Sebagian ada yang sekedar ingin berfoto, namun tidak sedikit yang ingin mencicipi Tajhin Palappa.

IZZUL MUTTAQIN, Panji

Wajah RT/RW 2, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji beberapa hari terakhir berbeda dari hari biasanya. Di dinding-dinding di tepi jalan dipenuhi dengan warna-warni lukisan tiga dimensi. Beberapa pengendara yang lewat atau sengaja berkunjung, tanpa sungkan berfoto ria.

Seperti yang dikatakan Yudi Black, pelukis dinding di lokasi setempat mengatakan, kampungnya itu rencananya akan dijadikan kampung Tajhin Palappa. Sebab, di kampung tersebut, banyak sekali warga yang berjualan Tajhin Palappa.

“Kami berani mengkaliam kampung Tajhin Palappa, sebab dalam satu RT kita bisa menemukan empat penjual tajhin. Dan itu hal yang luar biasa bagi kami sebagai identitas kampung sini,” terang Yudi.

Karena itu, kata Yudi, dirinya sengaja melukis Dinding-dinding sekitar untuk menarik pengunjung. Sehingga kampung Tajhin palappa akan lebih mudah dikenal. “Kami melukis dengan aneka gambar khas Situbondo. Seperti halnya pantai dan batik. Harapannya, masyarakat lebih berminat untuk berkunjung ke kampung Tajhin palappa yang akan segera dilounching Agustus ini,” jelasnya.

Menurut Matikram, salah satu penjual Tajhin Palappa mengatakan, inisiatif kampung Tajhin Palappa memang dari warga setempat. Dengan harapan, inisiatif tersebut akan mendapat dukungan dari semua pihak.

“ Semoga bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa dituju saat jalan-jalan ke Situbondo. Dimana dengan banyaknya lukisan dan mural tiga dimensi, warga akan tertarik berkunjung. Dan setelah merasakan  Tajhin Palappa, mereka akan ketagihan,” ucapnya.

Menurt Matikkram, dirinya sejak lama sudah menjual Tajhin Palappa. “Tajhin Palappa merupakan sejenis bubur yang disajikan dengan bumbu kacang. Dalam penyajiannya disertai sayuran berupa kangkung. Biasanya lebih enak dimakan sama teote.

Menurut Matikkram, dirinya biasa menjual perporsi Tajhin Palappa dikampungnya seharga Rp. 4 ribu. “Yang Rp. 4 Ribu itu ukuran biasa. Sementara yang spesial Rp. 5 Ribu. Bukanya dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 09.00,” paparnya.

Dalam sehari, Tajhin yang terjual biasanya mencapai ratusan porsi. “Untuk setiap harinya bisa 100 porsi sampai 150 porsi. Khusus hari minggu bisa mencapai 300 porsi yang terjual,” jelas Matikkram. (pri)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia