Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Features
Mengintip Persiapan Talent & Pengiring BEC 2018

Musisi Siap All-out, 14 Penyanyi Papan Atas Tampil di 11 Stage

13 Juli 2018, 23: 05: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SEBELUM SHOW: Seniman asal Sanggar Seni Jinggo Sobo berlatih di Gesibu Blambangan dalam rangka persiapan tampil pada ajang BEC 2018.

SEBELUM SHOW: Seniman asal Sanggar Seni Jinggo Sobo berlatih di Gesibu Blambangan dalam rangka persiapan tampil pada ajang BEC 2018. (SIGIT HARIYADI/RABA)

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) siap kembali menggebrak Bumi Blambangan. Bukan hanya seluruh talent, para pemain musik pengiring pun all-out berlatih guna menyuguhkan sajian terbaik. Apalagi, BEC kali ini akan dimeriahkan 14 penyanyi top Banyuwangi.

SIGIT HARIYADI, Banyuwangi

GERAK tubuh belasan anak berpadu dengan suara musik yang terdengar rancak di kompleks Gedung Seni Budaya (Gesibu) Blambangan, Kamis pagi (12/7). Indah dan terkesan energik.

Beberapa meter di belakang anak-anak tersebut, tampak delapan pria yang memainkan alat musik tradisional. Ada yang menabuh kendang, gong, peking, saron, kentus, kempul, maupun terbang alias rebana.

Usut punya usut, anak-anak dan pemain musik itu tengah berlatih untuk menyongsong perhelatan BEC 2018 bertema ”Puter Kayun”. Mereka memadukan gerak tubuh dengan alunan musik untuk ditampilkan pada karnaval kebanggaan masyarakat Banyuwangi tersebut.

Ya, seperti tahun-tahun sebelumnya, penampilan para talent BEC selalu diiringi live musik. Bedanya, kali ini panitia menyiapkan sebelas stage yang ditempatkan di sepanjang rute yang dilalui iring-iringan peserta BEC 2018, tepatnya dari kawasan Taman Blambangan hingga Stadion Diponegoro.

Satu di antaranya merupakan stage utama, sedangkan sepuluh stage yang lain merupakan stage untuk tempat perform para talent yang tergabung dalam sepuluh subtema. Untuk mendukung penampilan talent, musik live disiapkan di setiap stage tersebut.

Nah, grup musik yang Kamis pagi berlatih di Gesibu Blambangan tersebut akan tampil di stage 2 BEC tahun ini, tepatnya di depan Mal Pelayanan Publik Banyuwangi. Mereka berasal dari Sanggar Seni Jinggo Sobo, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono.

Salah satu anggota Sanggar Jinggo Sobo, Sabar mengatakan, sebelum berlatih di Gesibu, dirinya bersama rekan-rekannya sudah lebih dari sepuluh kali berlatih bersama calon talent BEC. ”Latihan kali ini untuk pemantapan. Kami akan mengiringi BEC Cilik,” ujarnya.

Sabar mengaku pihaknya akan memainkan musik tradisional dengan tempo sedang. Tidak terlalu rancak, juga tidak terlalu lambat. ”Tunggu tanggal mainnya. Kami akan all-out menampilkan penampilan terbaik,” akunya.

Sementara itu, Pelatih Tari BEC 2018 Sabar menuturkan, para talent BEC yang tergabung dalam sepuluh subtema akan tampil di sepuluh stage yang berbeda. ”Sebelum tampil di masing-masing stage per subtema, seluruh talent perform di panggung utama di depan SDN Kepatihan,” kata dia.

Kepala Seksi (Kasi) Informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi Ainur Rofiq menambahkan, BEC tahun ini akan dimeriahkan penampilan 14 artis top Banyuwangi. Bahkan, dua artis Banyuwangi yang telah malang-melintang di jagat musik tanah air, yakni Fitri Carlina dan Danang juga akan tampil di panggung utama. “Panggung utama juga akan dimeriahkan penampilan Catur Arum dan Demy,” cetusnya.

Selain itu, sepuluh penyanyi Banyuwangi yang lain di antaranya Rozy Abdillah, Nanda Feraro, Wandra, Ajeng Bintang Pantura, Dewi Sega Bintang Pantura, dan lain-lain juga akan menghibur penonton BEC 2018 di sepuluh stage yang lain. (aif/c1)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia