Selasa, 23 Apr 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Gancang Aron Masuk Top-99 KIPP Kemenpan-RB 2018

10 Juli 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

PAKAI APLIKASI: Go-Jek mengantar obat ke rumah pasien RSUD Blambangan.

PAKAI APLIKASI: Go-Jek mengantar obat ke rumah pasien RSUD Blambangan. (RSUD FOR RABA)

BANYUWANGI - Lama waktu pe­layanan obat, sempat menjadi trending komplain atas pelayanan RSUD Blambangan beberapa tahun lalu. Kondisi tersebut me­macu semangat petugas Instalasi Farmasi untuk berbenah dan ber­inovasi.

Inovasi yang dilaksanakan oleh Instalasi Farmasi adalah Program Gancang Aron. Gancang Aron dalam bahasa Oseng berarti lekas sembuh. Selain itu, Gancang Aron juga merupakan singkatan dari Gugus ANtisipasi Cegah Antrean panjaNG dengan AntaR Obat ke rumah pasieN.

Pengantaran obat ke rumah pasien dibantu oleh Go-Jek, gratis bagi pemilik kartu BPJS PBI, Jam­kesmas, dan SPM. Sementara itu, bagi pasien yang lain dikenakan biaya antar sesuai tarif Go-Send.

Pasien juga dapat meminta ber­konsultasi di rumah dengan para apoteker, untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang pe­ngobatan penyakitnya. Jadi ja­ngan heran, bila waktu tunggu pelayanan obat di Instalasi Farmasi RSUD Blambangan saat ini ber­kisar hanya 30-60 menit.

Bila Anda tidak ingin menunggu sama sekali, Anda dapat meminta dilayani dengan program Gancang Aron. Anda hanya perlu menye­rahkan resep ke Depo Delivery, Anda akan mendapat penjelasan mengenai obat-obat Anda, dan dapat segera pulang beristirahat di rumah.

Terpilih dalam Top-99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang dilaksanakan oleh Kemen­terian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), merupakan anu­gerah yang sangat patut disyukuri. Karena tahun ini, ada 2.824 inovasi dari seluruh Indone­sia yang turut serta dalam kompetisi tersebut. Untuk sampai di Top-99, ada dua seleksi yang harus dilampaui.

Sebagai satu-satunya wakil dari Pemerintah Kabupaten Ba­nyuwangi, Tim Gancang Aron berusaha melayani sepenuh hati, menyiapkan obat bagi pasien RSUD Blambangan dengan cepat, tepat, dan aman. ”Kompetisi di kementerian adalah perjuangan Tim Gancang Aron untuk Kabu­paten Banyuwangi tercinta. Tetapi yang terpenting adalah meng­hadirkan kepuasan bagi masya­rakat atas pelayanan kami, agar para pasien RSUD Blambangan gancang aron (lekas sembuh),” tu­tur dr Asiyah Aswin, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Blamba­ngan.

(bw/jpr/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia