Kamis, 15 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Sembako

Harga Daging Ayam Terus Meroket

Selasa, 12 Jun 2018 18:45 | editor : Bayu Saksono

POTONG: Pedagang ayam di Pasar Genteng II, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, melayani pembeli, kemarin (11/6).

POTONG: Pedagang ayam di Pasar Genteng II, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, melayani pembeli, kemarin (11/6). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

GENTENG - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, harga daging ayam potong dan ayam kampung mengalami kenaikan yang cukup drastis. Meski harga naik, warga masih banyak yang memburu untuk persiapan Lebaran.

Untuk harga ayam potong yang sebelumnya hanya Rp 35 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Untuk daging ayam kampung naiknya cukup tinggi. Bila sebelumnya hanya Rp 70 ribu per kilogram, kini men­jadi Rp 80 ribu per kilogram.

Kenaikan daging ayam itu, sudah terjadi sejak Sabtu (9/6). Para pe­dagang, kini mengurangi stok penjualan. Harga dagaing ayam yang naik itu, karena kurangnya pasokan dari peternak. Sedang permintaan meningkat. “Biasanya ada pasokan dari Kabupaten Jam­ber dan Lumajang, tapi sekarang tidak ada,” ujar Ketut Ayam, 45, pendagang daging ayam di Pasar Genteng II.

Menurut Ketut, harga daging ayam yang naik itu sebenarnya sudah biasa menjelang Lebaran. Para pembeli, juga tetap tinggi. Malahan, saat ini ada kenaikan sekitar 30 persen dibanding hari biasa. “Disyukuri saja, menjelang Lebaran memang harga daging ayam melambung,” ungkapnya.

Ketut memprediksi harga daging ayam potong ini akan terus me­lonjak hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Kalau sudah mendekati Lebaran, dipastikan haragnya akan terus naik,” cetusnya.

Sementara itu, Rahmawati, 35, pembeli asal Dusun Krajan, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng mengaku, saat ini harga semua komoditas di pasar naik. Dan itu membuatnya harus bisa menghemat anggaran belanja kebutuhan sehari-hari. “Mau bagaimana lagi, memang sudah jadi kebiasaan setiap akan Lebaran semua kebutuhan mandadak naik,” katanya.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia