Kamis, 15 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Opini Sabtu

Membudayakan Pancasila untuk Generasi Emas Indonesia

Oleh: Indah Yeni, SH

Senin, 11 Jun 2018 12:45 | editor : AF. Ichsan Rasyid

Membudayakan Pancasila untuk Generasi Emas Indonesia

MENGHADAPI tantangan arus global, Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bisa lagi bersifat kaku dan tertutup bagi generasi muda Indonesia. Sebaliknya, ideologi Pancasila harus lebih dinamis dan terbuka dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini dimaksudkan bahwa ideologi Pancasila memiliki sifat yang aktual, dinamis, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman haluan Negara untuk menghasilkan berbagai kebijakan-kebijakan yang bersifat nasional dan semestinya ditempatkan paling utama di atas kepentingan lainnya.

Selain itu, dalam mempersatukan persepsi dan gerak langkah suatu kelompok, golongan maupun partai politik diharapkan masyarakat mampu berpikir dan bertindak sesuai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai falsafah hidup dan tingkah laku maupun budaya berpolitik masyarakat demi menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adanya keterkaitan yang melekat antara wawasan kebangsaan dengan keterbukaan ideologi Pancasila, diharapkan mampu memberikan solusi permasalahan bangsa saat ini bagi generasi muda ditengah ketatnya kompetisi antar bangsa melalui jalur pendidikan karakter yang bersifat ideologis untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan negara.

Maka, untuk melahirkan generasi emas Indonesia yang unggul dan kompeten dibutuhkan dukungan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila secara konsisten, massif dan berkesinambungan dalam membangun peradaban manusia Indonesia seutuhnya yang mampu bersaing di segala aspek kehidupan tanpa menghilangkan identitas otentik bangsa Indonesia. (*)

*) Ketua PA GMNI Banyuwangi

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia