Selasa, 20 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Dermaga Kampung Kerapu Selesai Akhir Tahun

Kamis, 19 Apr 2018 00:12 | editor : AF. Ichsan Rasyid

SEGERA TEREALISASI: Lokasi pembuatan deramga melingkar di Wisata kampong Kerapu, Desa Gundil, Kecamatan Kendit.

SEGERA TEREALISASI: Lokasi pembuatan deramga melingkar di Wisata kampong Kerapu, Desa Gundil, Kecamatan Kendit. (HABIBUL ADNAN/JAWAPOS.COM)

SITUBONDO – Pembangunan dermaga menuju wisata Kampung Kerapu Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, diproyeksi selesai akhir tahun 2018. Jika tidak ada kendala, pengerjaannya sudah bisa dimulai pada Bulan Mei nanti.

Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi mengatakan, masalah-masalah administratif, sudah selesai semua. Seperti perijinannya. “Perencanaannya sudah disepakati bupati dan wakil bupati,” katanya.

Yoyok memperkirakan, lama pengerjaan proyek ini membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Artinya, jika dimulai pada Bulan Mei, maka Oktober-November sudah rampung. “Paling tidak enam bulan,” tambahnya.

Yoyok menerangkan, bentuk dermaga ini melingkar. Lewat dermaga tersebut, pengunjung bisa melihat keramba apung yang ada di tengah laut. “Wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan dari tengah laut,” katanya.

Dia menambahkan, dermaga tersebut mengelilingi keramba milik petani. Sehingga para pengunjung bisa melihat dari dekat budidaya ikan kerapu yang ada. “Wisata Gundil sudah dibranding sebagai wisata Kampung Kerapu. Kebetulan ada puluhan keramba apung, maka sangat cocok dipoles menjadi tempat wisata,” ujarnya.

Karena itu, Pemkab Situbondo membangun sejumlah fasilitas wisata. Yoyok menerangkan, pembangunannya ada yang sudah selesai, ada yang belum. Yang sudah dibuatkan di antaranya, tempat parkir yang dibangun di selatan jalan.

Selain itu, Pemkab Situbondo akan menyediakan tempat kuliner ikan laut. Pengunjung bisa menikmati aneka sajian ikan laut, terutama kerapu. Yoyok mengaku, di pinggir pantai akan dibuatkan warung-warung.

Pemerintah juga akan menyediakan tempat penginapan, rest area, tempat pertemuan, musalla, serta toilet. Intinya, semua fasilitas pendukung wisata akan disedikan di wisata yang ada di Desa Klatakan itu.

Yoyok menambahkan, gundil adalah salah satu obyek wisata baru di Situbondo. Dia mengatakan, pemerintah akan memolesnya dengan semenarik mungkin. “Karena merupakan destinasi wisata baru, sangat mungkin wisata baru yang lain akan muncul,” terangnya.

Terpisah, Bupati Dadang Wigiarto menambahkan,  wisata Kampung Kerapu Gundil akan menjadi andalan untuk wisata kuliner. Kata dia, ada beberapa model tempat makan serta menu kuliner ikan yang tersedia nantinya.

“Terlokalisasi dalam kawasan yang tidak semua orang bisa masuk. Hanya yang membayar retrebusi saja yang boleh masuk. Harapannya, keberadaan kuliner itu bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah),” kata Dadang. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia