Rabu, 24 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Info Rumah Sakit

Sehari 45 Pasien Rehab Medik

Selasa, 03 Apr 2018 14:33 | editor : AF. Ichsan Rasyid

REHABILITASI MEDIK: Ingrid Melia Kartika Sp KFR melatih gerak sendi bahu pada pasien.

REHABILITASI MEDIK: Ingrid Melia Kartika Sp KFR melatih gerak sendi bahu pada pasien. (RSUD BLAMBANGAN FOR JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI - Pelayanan Rehabilitasi Medik RSUD Blambangan semakin hari semakin meningkat. Hal ini terlihat dari data jumlah kunjungan pasien rawat jalan setiap harinya. Dalam sehari, klinik rehabilitasi medik dapat melayani hingga 45 pasien.

Layanan rehabilitasi medik merupakan pelayanan kesehatan menyeluruh penderita gangguan fisik dan fungsi tubuh. Gangguan bisa karena kondisi sakit atau cedera. Rehab medik ini  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fungsional dan kualitas hidup secara maksimal dengan menggunakan alat terapi fisik berdasar ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Adapun pasien rawat jalan yang bisa dilakukan terapi di klinik rehabilitasi medik antara lain kelainan yang berhubungan dengan fungsi otot, sendi, dan tulang. Bisa juga digunakan untuk gangguan saraf yang berhubungan dengan fungsi otot. Selain itu, kelainan tumbuh kembang anak juga bisa dilayani di sini.

Bahkan, rehab medik juga bisa untuk kelainan paru, saluran napas, serta kelainan jantung. Khusus untuk kelainan jantung, rehabilitasi bisa untuk sebelum dan setelah operasi jantung, rehabilitasi kebugaran jantung dan saluran napas.
Cedera olahraga dan Pembuatan alat bantu seperti korset, sepatu khusus, dan kaki palsu juga dilayani di sini. Pelayanan klinik rehabilitasi medik di RSUD Blambangan buka setiap hari Senin sampai Kamis pukul 07.30 hingga 14.00. Pada hari Jumat, layanan buka pukul 07.30 hingga 11.00. Sedangkan pada hari Sabtu buka pukul 7.30 hingga 13.00.

Klinik Rehabilitasi Medik RSUD Blambangan ini melibatkan beberapa tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yakni dr.Ingrid Melia Kartika, SpKFR, dan fisiotherapis. Pasien yang datang ke klinik rehabilitasi medik akan dilakukan pemeriksaan atau penilaian atau assesment oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi. Ini untuk menegakkan diagnosis medik dan fungsional, menegakkan prognosis, mengarahkan / menetapkan, dan mengevaluasi program terapi yang dibutuhkan.

Sementara itu, fasilitas alat terapi tergolong lengkap. Ada alat-alat terapi fisik seperti diathermy yang terdiri dari microwave diathermy, shortwave diathermy, serta ultrasound diathermy. Ada juga alat traksi cervical dan lumbal, elektrostimulator, serta peranti infra red. Ada juga alat terapi latihan seperti shoulder wheel, sepeda statis, dan treadmill. bay)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia