Minggu, 21 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Ternyata Cabai Lebih Dahsyat dari Buah Jeruk

Kamis, 08 Mar 2018 07:10 | editor : AF. Ichsan Rasyid

Ternyata Cabai Lebih Dahsyat dari Buah Jeruk

BANYUWANGI - Mengonsumsi makanan pedas menjadi kegemaran yang seolah tidak bisa dilepaskan dari menu makanan sebagian masyarakat. Sensasi pedas saat menyantap makanan favorit ini bukan lagi sekadar budaya. Sebagian lagi menjadikan makanan pedas sebagai hobi dalam memenuhi hasrat untuk makan sekaligus penambah kenikmatan bersantap.

Cabai dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan pembuat rasa pedas. Selain dimakan langsung, cabai juga kerap dimasukkan dalam campuran aneka bumbu rempah dalam masakan. Dibalik kandungan pedas cabai ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Pertama cabai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam cabai, terkandung vitamin yang kaya seperti vitamin A dan C. Kedua vitamin itu merupakan zat antioksidan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Cabai mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat lainnya cabai juga baik untuk penderita sariawan. Dibandingkan dengan jeruk, kandungan vitamin C pada cabai masih lebih tinggi. ”Penderita sariawan lebih baik mengonsumsi vitamin C dari cabai daripada jeruk,” saran ahli gizi Fika Enggar.  

Penderita sariawan justru tidak dianjurkan mengonsumsi jeruk. Selain bisa menyebabkan peradangan, dalam buah jeruk terdapat jamur yang kurang baik bagi penyembuhan sariawan itu sendiri.

Selain itu, pedasnya cabai juga bisa meredakan gejala flu dan hidung tersumbat. Dalam hal ini, kandungan capsaicin membantu membuka jalan pernapasan, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya. Zat ini juga membantu mengeluarkan keringat dan racun dalam tubuh.

Faedah lainnya, cabai juga membantu melancarkan pencernaan dan melancarkan peredaran darah. Cabai bersifat laktasif karena adanya zat capsaicin di dalamnya. Cabai membuat peristaltik usus menjadi lebih cepat. Alhasil sistem pencernaan pun menjadi lebih cepat.

Selain itu capsaicin pada cabai juga membuat kapiler vena menjadi lebih longgar. Ini membuat seseorang yang gemar pedasnya cabai membuat badan lebih enteng dan sakit kepala hilang. Termasuk juga bagi penderita hipertensi, mengonsumsi cabai sangat dianjurkan untuk melonggarkan pembuluh darah. Hanya saja, sebaiknya konsumsi cabai secara proporsional dan jangan berlebihan.(nic/bay/c1)

(bw/nic/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia