Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Cukup Istirahat Ampuh Tekan Stres

05 Maret 2018, 14: 15: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Yulianah

Yulianah (NIKLAAS/JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Stres berkepanjangan tidak bagi kesehatan. Selain rentan terhadap masalah kesehatan mental. Stres juga bisa memicu berbagai penyakit lain bagi penderitanya. Tanda orang sedang mengalami stres di antaranya susah tidur, letih dan kurang energi, perasaan takut, tidak fokus dan kurang konsentrasi, sakit kepala, hingga perasaan sedih.

Untuk menanggulangi stres perlu beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama dengan mengetahui sebab musabab stres muncul. Langkah kedua dengan melakukan relaksasi. “Cara itu perlu dicoba untuk menekan stres,” saran psikolog Yulianah, P.Si

Relaksasi bisa dilakukan dengan mengeluarkan semua uneg uneg atau masalah. Caranya bisa dengan curhat kepada teman atau pun datang langsung kepada psikolog. Metode lainnya dengan melakukan olahraga.

Bagi yang punya hobi, bisa juga melakukan relaksasi dengan menjalankan kegemaran yang disukai. Tidak perlu mewah, cukup dengan melakukan hal yang disenangi seperti memancing, nonton bioskop hingga jalan-jalan. Penting juga menjaga ritme pola hidup untuk mengantisipasi stres.

“Makanan-makanan bergizi dan istirahat cukup bisa menjadi bagian menekan risiko terserang stres,” ujarnya.

Ditambahkannya, potensi stres akan selalu ada karena merupakan bagian dari hidup.  Menghindari stres dapat dilakukan dengan mengelola stres dengan baik. Kenali gejala stres dan cara penanggulangannya. Dan bila dirasakan berkepanjangan ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan segera. (nic/als)

(bw/nic/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia