Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Menyusui, Perbanyak Makan Kacang

01 Maret 2018, 15: 18: 34 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

KAYA PROTEIN: Jenis kacang-kacangan sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui.

KAYA PROTEIN: Jenis kacang-kacangan sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui. (JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Selain momen saat mengandung, masa menyusui juga tidak kalah penting bagi ibu untuk senantiasa menjaga asupan gizi. Menjaga kesehatan ibu, terlebih lagi menjaga agar air susu ibu (ASI) yang dibutuhkan buah hati juga tercukupi. Untuk itu, ada ragam vitamin dan mineral yang wajib dipenuhi oleh ibu.

Kebutuhan nutrisi itu di antaranya protein. Ibu bisa memperoleh sumber protein ini dari makanan jenis kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan, telur, dan susu. Selain protein, kebutuhan nutrisi ibu menyusui juga membutuhkan kandungan zat besi. Jenis makanan seperti kuning telur, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam menjadi sumber nutrisi yang kaya zat besi.

Tidak ketinggalan, selama menyusui, ibu juga membutuhkan asupan asam folat. Sumber asam folat bisa diperoleh melalui pepaya, alpukat, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam dan daun katuk serta kubis. ”Perhatikan komposisi menu dan gizi selama menyusui agar suplai ASI ke bayi lancar,” saran Bidan Nuraini.

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah kalsium. Sumber makanan yang mengandung kalsium bisa diperoleh melalui ikan teri, kacang-kacangan, sayuran hijau, tahu, tempe, susu, dan keju. Penting juga asupan vitamin seperti A juga penting untuk mendukung kelancaran menyusui.

Sumber vitamin A ini bisa diperoleh melalui wortel, tomat, pepaya, ikan, kuning telur, dan susu. Penting juga untuk ibu menyusui untuk memperhatikan porsi dan komposisi menu makanan. Di antaranya harus seimbang secara gizi dan proporsional.(nic/bay)

(bw/nic/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia