Kamis, 15 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Mr Teen Beri Tips and Trik Interview Kerja

Selasa, 13 Feb 2018 12:00 | editor : AF. Ichsan Rasyid

BERBAGI ILMU: Daniel Cahya Saputra memberi pembekalan para pelajar yang akan masuk dunia kerja di aula SMKN 1 Banyuwangi kemarin (12/2).

BERBAGI ILMU: Daniel Cahya Saputra memberi pembekalan para pelajar yang akan masuk dunia kerja di aula SMKN 1 Banyuwangi kemarin (12/2). (KRIDA HERBAYU/JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Sebanyak 170 siswa mengikuti pembekalan memasuki dunia kerja di aula SMKN 1 Banyuwangi kemarin (12/2). Narasumber yang memberikan pembekalan adalah tim Mr Teen Indonesia dengan pembicara Daniel Cahya Saputra sebagai Mr Teen Daerah Istimewa Jogjakarta 2017. Pembicara lainnya adalah Muhammad Saian Mukti atau yang biasa dipanggil Dr Ian Ms.

Daniel memberikan beberapa tips kepada para siswa agar tidak gugup ketika melakukan interview kerja. Biasanya, kata dia, para siswa tidak tahu tata cara dan langkah apa yang akan diambil saat bertatap muka dengan Human Resource Departemen (HRD). ”Kami memberikan pembekalan agar siswa tidak gugup dan 100 persen lulus saat menjalani tes interview. Mulai dari cara berjalan, mengetuk pintu, hingga cara duduk di hadapan HRD,” ujar pria asal Jogjakarta itu.

Daniel juga memberikan tutorial make up yang baik dan natural. Salah satu siswi dipoles langsung wajahnya oleh Daniel. Tidak hanya itu, para siswa juga diberi arahan bagaimana cara memilih jenis make up yang tepat dan tidak merusak wajah. ”Banyak make up yang mengandung merkuri beredar di pasaran. Untuk itu, agar tidak salah pilih kami juga membekali siswa untuk memilih jenis dan alat make up yang baik untuk wajah.

Sementara itu, dokter Ian mengatakan, wajah merupakan penilaian teratas saat siswa sedang menjalani tes interview. Oleh karena itu, para siswa wajib ber-make up saat dipanggil untuk interview oleh perusahaan perbankan mau pun perusahaan maskapai penerbangan. ”Kami memberikan tutorial tersebut agar para siswa dapat memilih alat dan jenis make up yang sesuai dengan karakter wajah mereka,” ungkap Ian.

Salah satu siswi yang di-make up wajahnya, Elita Sari, siswi kelas 12 jurusan Akuntansi 1 mengaku, jika sosialisasi pembekalan memasuki dunia kerja sangat berguna setelah lulus. Selain mendapat ilmu baru, para siswa juga mengerti langkah-langkah apa yang harus diambil saat berhadapan dengan HRD. ”Sangat berguna sekali. Apalagi tutorial cara memakai make up itu yang menjadi kesan paling menarik dan bermanfaat,” ucap Elita.

Wakil Kepala SMKN 1 Banyuwangi Bidang Kesiswaan Kartamun mengatakan, pihaknya memang sengaja menghadirkan tim dari Mr Teen Indonesia. Tidak hanya memiliki kualitas, Mr Teen Indonesia dikatakan juga mampu memberikan kesan tersendiri bagi para siswa. ”Mereka sangat memotivasi para siswa. Materi yang diberikan juga sangat mengena dan cocok diterima oleh para siswa,” tandas Kartamun. (kri/bay/c1)

(bw/kri/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia