Rabu, 24 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Hindari Maag, Makan Durian Secukupnya

Minggu, 11 Feb 2018 16:53 | editor : Ali Sodiqin

PICU GAS LAMBUNG: Mengonsumsi durian sebaiknya dilakukan saat perut dalam kondisi kosong atau sebelum makan.

PICU GAS LAMBUNG: Mengonsumsi durian sebaiknya dilakukan saat perut dalam kondisi kosong atau sebelum makan. (Gerds Sukarno/Radar Banyuwangi)

BANYUWANGI – Musim durian menjadi favorit tersendiri bagi penyuka buah dengan ciri kulit berduri ini. Selain memiliki aroma yang cukup kuat, performa buah ini juga didukung dengan rasanya yang manis. Tidak heran, buah ini menjadi primadona saat musimnya tiba.

Namun, dibanding buah lainnya, penikmat durian wajib menjaga porsi ketika mengonsumsi buah ini. Sebab, buah ini kurang bersahabat dengan lambung. Durian dianggap kurang baik bagi lambung karena kadar karbohidratnya yang tinggi. Kondisi ini bisa memicu munculnya gas dalam lambung.

Meski kurang bersahabat, penyuka durian masih bisa makan dengan syarat menu yang dikonsumsi dalam batas proporsional. ”Makan durian jangan terlalu banyak. Cukup proporsional saja jangan berlebihan,” saran ahli gizi Fika Enggar.

Penderita maag masih bisa makan buah ini. Jumlahnya cukup dengan satu hingga dua biji saja. Selain itu, agar maag tidak kumat saat makan durian, dianjurkan mengonsumsi durian saat perut dalam kondisi kosong atau sebelum makan.

Makan dengan pelan-pelan hingga buah yang dikulum dalam mulut halus. Setelah itu baru ditelan agar pencernaan lebih mudah melakukan fungsinya. Sebab, makan terlalu cepat juga bisa menjadi pemicu munculnya sakit maag.

Selain buah dan sayur, semua jenis makanan bersifat asam dalam lambung. Sifat asam di dalam makanan ini membuat darah juga bersifat asam. Alhasil terjadi kekentalan darah yang membuat cikal-bakal berbagai penyakit degeneratif. Untuk menyeimbangkan asupan makanan, perbanyak makanan yang bersifat basa. ”Efeknya daya tahan tubuh tinggi sehingga tubuh tetap sehat,” pungkasnya.

(bw/nic/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia