Selasa, 20 Nov 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Sports

Obor Asian Games 2018 Lewati Kawah Ijen

Minggu, 11 Feb 2018 16:40 | editor : Ali Sodiqin

Obor Asian Games 2018 Lewati Kawah Ijen

BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi sepertinya akan ikut kebagian merasakan kemeriahan dari kontes olahraga multievent Asian Games tahun ini. Rencananya, obor api Asian Games akan melewati Banyuwangi pada 18 April 2018 mendatang.

Sempat menginap semalam, obor api tersebut kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali.  Kabid Olahraga Dispora Banyuwangi Alfin Kurniawan mengatakan, Banyuwangi terpilih karena dianggap salah satu daerah yang cukup peduli dengan olahraga.

Nantinya, kata Alfin, api Asian Games rencananya akan turun di daerah Ijen setelah dibawa dari Bromo, Probolinggo. Lalu secara estafet, api akan dipindahkan dari tangan ke tangan hingga menuju tempat persemayaman api di Pendapa Sabha Swagata Blambangan. ”Kita (Dispora) kebagian mengatur rute yang bisa disaksikan oleh seluruh warga masyarakat. Kemudian kita juga menyiapkan kemeriahan lokasi selama rute termasuk atlet atau perwakilan pembawa api Asian Games,” ujar mantan Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi itu.

Untuk bagian pembawa api sendiri, Alfin mengatakan, Banyuwangi berkesempatan menyiapkan perwakilan. Karena dalam ketentuannya, pembawa api nanti bisa berasal dari atlet daerah, tokoh daerah, difabel, dan perwakilan komunitas.

Dari endorse Asian Games, nanti akan menurunkan perwakilan seperti mantan atlet bulu tangkis nasional Susi Susanti dan mantan petenis Yayuk Basuki. Kemudian, ada juga aktor Joe Taslim dan artis Nadine Chandrawinata. ”Rutenya sedang kita coba atur, termasuk cara membawa apinya. Karena nanti jarak dari tiap pembawa api ini akan bergantian setiap 500 meter. Kita sempat berpikir nanti akan menggunakan sepeda, tapi masih kita pertimbangkan dulu. Termasuk tokoh yang membawa,” pungkasnya.

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia