Rabu, 24 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Tertusuk Duri Awas Infeksi

Selasa, 06 Feb 2018 12:52 | editor : AF. Ichsan Rasyid

Duri bunga mawar

Duri bunga mawar (JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Tertusuk duri membuat kulit terasa tidak nyaman. Rasa yang muncul pun bisa dirasakan sangat menyakitkan.  Tidak hanya duri, potensi kulit tertusuk juga bisa disebabkan oleh serpihan kayu hingga benda lainnya.

Bila kondisi tersebut dialami, langkah yang sering dilakukan yakni dengan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam kulit tersebut. Sebab bila dibiarkan potensi terkena infeksi juga menjadi besar. Selain mencabut, upaya lain bisa dilakukan dengan melakukan tekanan atau memijat di area sekitar kulit yang tertusuk duri. ”Tapi lebih baik dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan segera,” saran perawat Ahmad Yunus Setiawan.

Kulit sedianya memiliki peran sebagai pelindung. Kulit mencegah masuknya kuman ke dalam jaringan kulit di bawahnya. Saat kover ini tertembus benda asing, maka bisa berisiko terkena infeksi. Tak ayal upaya mengeluarkan benda asing dalam kulit fokus utamanya yakni mencegah terjadinya infeksi tersebut.

Penanganan medis yang benar saat tertusuk duri menjadi penting untuk menekan potensi infeksi. Ini untuk memastikan, tidak ada benda asing atau duri yang tertinggal di dalam kulit. Sebab jika dinilai luka tidak terlalu dalam dan tidak ada infeksi maka cukup dengan pembersihan secara berkala saja.

Untuk penanganan tertusuk duri juga bisa dengan kompres air hangat di sekitar daerah luka. Selain itu hindari juga sering memijat atau meraba di sekitar area luka. Terpenting jaga kebersihan kulit di sekitar luka. ”Jangan suka usil dengan luka bekas tusukan benda asing atau duri,” sarannya. (nic/bay/c1)

(bw/nic/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia