Selasa, 23 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Tekan Munculnya Infeksi, Biarkan Bisul Pecah Sendiri

Senin, 22 Jan 2018 19:57 | editor : Ali Sodiqin

Tekan Munculnya Infeksi, Biarkan Bisul Pecah Sendiri

JawaPos.com – Munculnya benjolan berwarna merah pada kulit dan terasa sakit. Bisa jadi itu adalah bisul. Terlebih lagi bila di dalamnya berisi nanah. Benjolan pada kulit ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan pada bagian kulit.


Beberapa bagian tubuh yang berpotensi untuk ditumbuhi bisul misalnya wajah, leher, ketiak, bokong, hingga paha. Bisul dalam kemunculannya di kulit biasanya paling umum ditandai dengan munculnya benjolan merah, bengkak, dan terasa sakit bila disentuh. ”Benjolan juga bisa bertambah besar dan berisi nanah,” ujar perawat Ahmad Yunus Setiawan.

Selain itu dalam fasenya, benjolan bisul juga akan terbentuk titik putih di bagian puncak bisul. Penyakit ini sering memang dianggap sebagai penyakit umum bagi sebagian masyarakat. Namun, beberapa penderitanya bisa mengalami beberapa gejala seperti demam hingga bisul tumbuh lebih dari satu. Bisul sendiri muncul di antaranya karena kurangnya menjaga kebersihan baik secara pribadi maupun lingkungan. Untuk penanganannya bisul bisa dilakukan dengan memberikan kompres air hangat pada bisul. ”Cara ini untuk menekan rasa sakit dan mempercepat nanah untuk terdorong ke atas,” imbuhnya.

Selanjutnya penanganan juga bisa dilakukan memberikan kain kasa, alkohol, dan sabun anti bakteri. Ini diberikan bila bisul sudah pecah. Kemudian tutup bisul yang pecah dengan kain kasa steril agar tidak terkena infeksi.

Yang perlu diingat, jangan memaksa untuk memecahkan bisul. Efeknya bisa akan menimbulkan infeksi sekaligus menyebarkan potensi penyakit tersebut. ”Biarkan saja bisul pecah sendiri,” pungkasnya.

(bw/nic/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia