Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Kades Terpilih Dilantik Hari Ini

11 Desember 2017, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERLATIH: Para kades terpilih hasil Pilkades Serentak 2017 menjalani geladi pelantikan di Pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin.

BERLATIH: Para kades terpilih hasil Pilkades Serentak 2017 menjalani geladi pelantikan di Pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin. (Sigit Hariyadi/JawaPos.Com/RadarBanyuwangi)

BANYUWANGI – Rangkaian Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2017 segera memasuki babak akhir. Sebanyak 51 kepala desa (kades) terpilih hasil pesta demokrasi yang digeber 8 November lalu, itu bakal dilantik Senin hari ini (11/12).

Kepastian jadwal pelantikan tersebut disampaikan langsung Bupati Abdullah Azwar Anas kemarin (8/12). Dikatakan, pihaknya akan melantik para kades terpilih itu pada pukul 09.30 Senin. ”Pelantikan dilakukan di Pendapa Sabha Swagata Blambangan,” ujarnya dikonfirmasi usai mengikuti rapat paripurna di kantor DPRD Banyuwangi.

Anas menuturkan, awalnya pihaknya berkeinginan pelantikan dilakukan di tempat lain. Hanya saja, lantaran akhir-akhir ini wilayah Banyuwangi kerap diguyur hujan, Anas tidak ingin ambil risiko. ”Maka, diputuskan pelantikan digelar di pendapa,” kata dia.

Sementara itu, pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, para kades terpilih menjalani geladi kotor pelantikan kemarin. Selain menjalani latihan proses pelantikan, para kades terpilih tersebut juga mendapat pengarahan tentang seragam dan atribut-atribut yang harus mereka kenakan pada prosesi sakral tersebut.

Salah satu kades terpilih asal Desa Sumberarum Kecamatan Songgon, Ali Nurfatoni, mengaku dirinya sudah siap menjalani prosesi pelantikan. Dikatakan, pelantikan tersebut bakal menjadi jembatan penting untuk merealisasikan program-program pembangunan di desa yang dia pimpin. ”Kami mohon doa semoga bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Seperti diketahui, pilkades yang digelar 8 November 2017 berlangsung secara serentak di 51 Desa yang tersebar di 23 kecamatan. Dari 185 calon peserta pilkades sudah menghasilkan 51 calon yang mendapatkan suara dukungan di masing-masing desa.

Dari 51 calon yang memperoleh dukungan suara terbanyak itu, saat ini tinggal menunggu pelantikan setelah ditetapkan sebagai calon terpilih oleh panitia pilkades masing-masing desa. Setelah menetapkan calon terpilih, panitia menyampaikan laporan kepada BPD masing-masing untuk selanjutnya dimintakan pengesahan sebagai kepala desa pada Bupati Banyuwangi.

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia