Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Gila, Ini Selisih Harga Buah Naga di Petani dan Pasar

06 Desember 2017, 16: 36: 16 WIB | editor : Ali Sodiqin

SIAP PANEN:  M Anggi Saputra menunjukkan buah naga yang baru dipetik di Desa Ringin Agung, Kecamatan Pesanggaran, Rabu (5/12).

SIAP PANEN: M Anggi Saputra menunjukkan buah naga yang baru dipetik di Desa Ringin Agung, Kecamatan Pesanggaran, Rabu (5/12). (Nur Hariri For JawaPos.Com)

BANYUWANGI - Harga buah naga Rp 1500 per kilogram di kalangan petani Banyuwangi benar-benar membuat banyak orang terkejut. Sebab, harga sebesar itu selisih jauh dengan yang terjadi di pasar-pasar.

Untuk buah naga jenis A hingga Rabu (6/12/2017) masih bertahan Rp 1500. Namun di pasar-pasar Banyuwangi rata-rata dijual sebesar Rp 7 ribu sampai Rp 15 ribu.  Sementara untuk buah naga jenis B di petani hanya seharga Rp 1000, sedangkan di pasar dijual dengan harga Rp 3 ribu sampai Rp 8 ribu.

M Chafid Ali Wafa, salah seorang petani di Desa Ringin Agung Kecamatan Pesanggaran menyampaikan, twrjadinya selisih harga yang jauh itu membuat petani kurang bersemangat memanen buah naga. "Harapannya harga bisa stabil dan selisihnya jangan terlalu jauh antara di petani dan pasar," jelasnya.

Sementara itu, tetangga Wafa, M Anggi Saputra, 20, menyebut murahnya harga buah naga dikalangan petani kadang-kadang membuat petani malas memanen. "Buah naga yang ukurannya kecil kadang tidak dipanen, kadang dibagikan ke tetangga karena harganya anjlok," jelasnya.

(bw/rri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia