Sabtu, 15 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

FE Unars Yudisium sekaligus Pelepasan Calon Wisudawan

01 Desember 2017, 08: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERI PENGHARGAAN: Rektor Unars, Martono Achmar (empat dari kiri) dan Dekan Fakultas Ekonomi, Karnadi (tiga dari kiri) bersama mahasiswa peraih IPK tertinggi

BERI PENGHARGAAN: Rektor Unars, Martono Achmar (empat dari kiri) dan Dekan Fakultas Ekonomi, Karnadi (tiga dari kiri) bersama mahasiswa peraih IPK tertinggi (UNARS For RaBa)

SITUBONDO – Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh (Unars) Situbondo kemarin (29/11) melaksanakan Yudisium dan pelepasan calon wisudawan wisudawati program strata (S1). Sebanya 250 mahasiswa yang mengikuti acara pra wisuda itu.

Dalam kesempatan itu, hadir pengurus yayasan dan jajaran civitas akademika Unars Situibondo. Seperti Ketua Pembina Yayasan Unars, HRB. M. Rofik Kosoemodilogo; Ketua Umum Yayasan Unars, Fathorrachman, serta jajaran rektorat. Terlihat juga para dekan dan wakil dekan, seluruh kepala biro, Kepala UPT di lingkungan Unars Situbondo, dan wali mahasiswa berpretasi. 

Mengawali sambuatannya, Dekan Fakultas Ekonomi Unars, Karnadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang menyempatkan waktu untuk hadir. “Karena ini merupakan ajang silaturahmi antar dekan di seluruh lingkungan Unars Situbondo,” katanya.

Karnadi menyinggung sejumlah kegiatan mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengarah pada upaya pembangunan perekonomian Situbondo. Seperti gerakkan membuat produk dan menciptakan pasar sendiri. “Seperti acara penjualan produk di acara car free day beberapa waktu lalu,” sebutnya.

Disamping itu, saat ini Unars telah membuka jalur export penjualan ikan kerapu ke luar negeri melalui Dr. Yahya Arif, salah satu dosen Fakultas Ekonomi. Dalam pandangan Karnadi, dibukanya kran penjualan ke luar negeri jelas memberikan harapan bagi  para petani budidaya ikan kerapu di Situbondo. “Kami juga menggencarkan program hidroponik melalui beberapa dosen Fakultas Ekonomi,” tambah Karnadi.

Itu semua dilakukan sebagai bentuk nyata partisipasi Fakultas Ekonomi Unars dalam membangun daerah Situbondo. Karena itu, tambahnya, sangat penting menggandeng perguruan tinggi dalam membangun daerah. “Terutama Unars, harus dilibatkan karena didalamnya terdapat para ahli di bidang pembangunan,” katanya.

Menurut Karnadi, Situbondo memiliki banyak potensi. Jika dibangun dengan cara yang tepat, Karnadi mengaku optimistis akan menjadi daerah yang berkembang. “Sehingga berdampak terhadap peningkatan PAD (pendapatan asli daerah),” katanya.

Cara yang tepat dalam membangun daerah adalah memperbaiki sumber daya manusia (SDM). Kalau SDMnya sudah mumpuni, maka pembangunan Situbondo akan berjalan dengan baik. “Di Unars Situbondo sudah membangun manusianya terlebih dahulu,” ujar Karnadi.

Rektor Unars, Martono Achmar berpesan kepada peserta yudisium agar mampu menjadi lulusan yang bermanfaat, cerdas, dan unggul dalam bidang ekonomi maupun teknologi. “Mahasiswa harus mampu menerapkan keilmuannya di masyarakat. Sebagai alumni, harus tetap menjaga nama baik universitas agar kepercayaan masyarakat terus meningkat,” harapnya.

Pembina Yayasan Unars, HRB. M. Rofik Kosoemodilogo memberikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Unars yang telah memasuki akhir dari masa kuliahnya. “Menunggu masa empat tahun bukan waktu yang mudah, butuh perjuangan untuk mencapai tahapan yudisium ini,” katanya.

Rofik mengaku bangga dengan perkembangan yang telah dicapai Unars saat ini. Kata dia, usianya yang sudah mencapai tiga dasawarsa, Unars terus berkembang. “Kedepan semoga lebih besar lagi,” ujarnya.

Untuk kepentingan itu, Rofik mengaku, pihaknya selalu berupaya optimal agar pembangunan sarana maupun akademik terus berjalan. Usaha tersebut telah membuahkan hasil yang memuaskan.

Buktinya, dari 75 perguruan tinggi swasta yang disiapkan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mendapatkan preskitar terakreditasi A, unras salah satu yang terpilih. “Dari akreditasi B sekarang menjadi akreditasi A,” katanya.

Untuk pembangunan sarana, Rofik mengaku terus meningkat. Bersamaan dengan pelaksanaan Maulid Nabi nanti akan dibangun gedung rektorat lantai III. “Sebelumnya telah dibangun gedung perpustakaan, kantin dan pusat kewirausahaan COE,” jelasnya.

Pada acara yudisium, ada juga pemberian penghargaan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unars peraih IPK teringgi. Masing-masing diraih Miswati (IPK 3,92), Tolak Haris (IPK 3,84, dan Sarifudin (IPK 3,83). Ketiga mahasiswa lulusan terbaik dengan predikat cumlaude itu mendapatkan plakat dan piagam penghargaan.

Acara yudisium juga dimeriahkan dengan penampilann tari karawitan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unars. Ada juga pembacaan puisi, serta penampilan lagu-lagu pop oleh artis.

SAMPAIKAN PESAN: Ketua Pembina Yayasan Unars, HRB. M. Rofik Kosoemodilogo memberikan sambutan pada acara yudisium

SAMPAIKAN PESAN: Ketua Pembina Yayasan Unars, HRB. M. Rofik Kosoemodilogo memberikan sambutan pada acara yudisium (UNARS For RaBa)

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia