Selasa, 23 Apr 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Mangga Made In Situbondo Dijual Hingga Kalimantan

22 November 2017, 08: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PENGEPAKAN: Suheman bersama pegawainya menyortir mangga yang akan dikirim ke Kalimantan di lingkungan Pasar Panji.

PENGEPAKAN: Suheman bersama pegawainya menyortir mangga yang akan dikirim ke Kalimantan di lingkungan Pasar Panji. (Laily Mastika/JawaPos.com/RadarBanyuwangi)

PANJI- Musim kemarau membawa berkah bagi petani mangga. Kualitas mangga Situbondo semakin bagus karena sedikit serat. Meski demikian, harga jual musim ini tidak terlalu bagus di pasaran.  Harga jual di bawah lima ribu rupiah.

Salah satu pengepul mangga, Suheman menerangkan, mangga Situbondo tidak hanya terkenal di Pulau Jawa saja. Namun, sudah merambah hingga kepulauan di Nusa Tenggara hingga Kalimantan. “Kalau di Jawa dibawa ke daerah barat, yaitu ke Yogyakarta dan Jakarta,” paparnya.

Mangga Situbondo berbeda dengan mangga Probolinggo. Seratnya lebih sedikit bahkan hampir tidak ada jika dibandingkan dengan buah mangga asal Probolinggo. Hal demikian terjadi karena cuaca Situbondo yang cenderung terus panas. “Meski sudah ada hujan, tapi tetap saja lebih banyak cuaca panasnya,” ujarnya.

Suheman menuturkan, harga beli buah mangga di tingkat pengepul yakni sekitar  tiga ribu rupiah untuk mangga Arum. Dua ribu hingga dua ribu lima ratus rupiah untuk mangga Gadung. “Harga anjlok, karena hampir di semua daerah saat ini panen mangga,” bebernya.

Dikatakan, saat harga mangga anjlok, biasanya tempat paling menguntungkan untuk menjual yakni Bali. Namun, karena kondisi Bali yang tidak kondusif akhirnya pengiriman dilakukan ke luar Bali. “Beberapa waktu lalu takut dengan erupsi Gunung Agung. Selain itu Bali saat ini menerima kiriman dari Banyuwangi,” jelasnya.

Suheman mengungkapkan, lebih memilih untuk menjual mangga secara konvensional ketimbang dikirim ke supermarket. Sebab, perputaran uangnya lebih cepat jika dijual langsung ke masyarakat. “Untuk masuk supermarket dibutuhkan kualitas dan tampilan buah mangga tertentu,” urainya.

Kualitas buah mangga yang dijual di supermarket maupun pasar tradisional adalah sama. Hanya terkadang ada getah maupun warna hitam pada kulitnya. “Jika ada warna hitam sedikit saja, supermarket kan tidak mau, padahal dalamnya masih bagus,” pungkasnya.

(bw/ily/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia