Hari ini USBN Terakhir, Mapel IPS

SITUBONDO- Hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebanyak 10.019 siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri maupun swasta mengerjakan USBN mata pelajaran (mapel) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Fathor Rakhman melalui Kepala Seksi SMP Supio menuturkan, hari ini adalah hari terakhir USBN. Semua sekolah menggunakan kertas dan pensil. “Hingga hari ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian. Karena siswa telah sering berlatih menggunakan kertas dan pensil pada try out,” bebernya.

Supio menjelaskan pelaksanaan USBN di masing-masing sekolah diawasi oleh dua orang pengawas di setiap ruang ujian. Waktu pelaksanaan ujian yakni 60 menit atau dua jam pengerjaan. “Harapannya semoga semua siswa dapat melampaui dan mendapatkan hasil yang terbaik dalam USBN itu,” tandasnya.

Kepala SMPN 2 Panji, Dwi Sukwantoro mengatakan, jumlah  siswa yang mengikuti USBN di sekolahnya ada 128 orang. Ada tujuah ruangan yang digunakan oleh sekolah itu untuk USBN. “Jadi rata-rata jumlah siswa dalam satu ruang berkisar 20 hingga di bwah 20 orang per kelasnya,”bebernya.

`Dwi mengatakan, tidak ada kendala yang berarti dalam proses pelaksanaan USBN. Soal datang tepat waktu, dan hal lainnya juga berjalan lancar sesuai rencana. “Alhamdulillah tidak ada anak yang sakit atau tidak ikut ujian. Dan semoga semua lulus dengan nilai yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMPN 3 Panarukan, Pujianto mengungkapkan jumlah peserta yang melaksanakan USBN hanya 55 orang. Dan hanya menggunakan tiga ruangan saja. “Tidak ada masalah dalam proses USBN. Mereka semua sudah mampu mengarsir jawaban dan menyelesaikan soal dengan tepat waktu. Ya, karena sudah terbiasa dan sering berlatih di try out,” jelasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar