36 Siswa Mengundurkan Diri dari UNBK

SITUBONDO- Puluhan siswa mengundurkan diri dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) baik negeri maupun swasta. Seluruh siswa itu berasal dari SMA swasta. Sementara itu hingga berita ini dituliskan, UNBK berjalan lancar dan  tidak ada gangguan teknis yang berarti. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi di Kabupaten Situbondo, Suroso mengungkapkan, ada 37 siswa yang tidak mengikuti UNBK SMA dan MA. Dengan rincian, satu orang sakit dan 36 orang lainnya mengundurkan diri. Penyebab pengunduran diri ini masih belum ditelusur olehnya.

 “Satu orang yang sakit akan mengikuti ujian susulan sesuai dengan jadwal. Dan saat ini kami masih fokus terhadap kesuksesan pelaksanaan UNBK. Namun, siswa yang mengundurkan diri itu semuanya berasal dari SMA swasta. Dan belum ada siswa SMA negeri yang mengundurkan diri” jelasnya.

 Suroso mengatakan, akan menugaskan pengawas untuk melakukan ivestigasi ke sekolah swasta terhadap sejumlah siswa yang mengundurkan diri. Supervisi itu akan dilakukan setelah pelaksanaan UNBK SMK dan SMA. “Sedangkan jika memang ada siswa MA yang mengundurkan diri. Hal ituy merupakan kewenangan Kementerian Agama (Kemenag),” paparnya. Dikatakan, ada 20 lembaga SMA dan MA yang melaksanakan UNBK hari ini. Ada 16 lembaga SMA negeri maupun swasta dan 4 MA negeri maupun swasta. Jumlah siswa yang ikut UNBK total seluruhnya ada 3149 siswa. “Jumlah siswa SMA negeri atau swasta yang ikut ada 2874 orang. Sedangkan siswa MA ada 275 orang,” tandasnya.

Sementara itu, Proktor SMAN 1 Situbondo Ony Pambagyo mengungkapkan, hingga pelaksanaan UNBK hari kedua kemarin, tidak ada masalah yang berarti. Tidak ada gangguan jaringan internet maupun gangguan berupa soal yang tidak jelas. “Alhamdulillah hingga saat ini belum ada gangguan yang berarti. Dan kami berharap hal ini terus berlanjut hingga akhir UNBK,” jelasnya.

Ony menjelaskan, tidak ada siswa sakit atau mengundurkan diri dari UNBK. Semua siswa mengikuti ujian. “Tidak ada siswa yang tidak masuk maupun mengundurkan diri. Smeuanya lengkap, ada 336 siswa,” tandasnya.

Petugas Sarana dan Prasarana SMAN 2 Situbondo, Sudarminto menjelaskan, ada 168 siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 132 siswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Siswa (IPS) yang mengikuti UNBK. “Ada tiga ruangan yang digunakan selama UNBK. Dan 100 komputer yang didukung dengan empat server internet,” jelas pemilik nama panggilan Dar itu.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar