Pemeriksaan Gigi di RSU Bhakti Husada

GLENMORE - Gigi memiliki fungsi mengunyah makanan, tetapi juga memiliki fungsi estetika, yaitu menunjang kecantikan. Makanya, perlu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Sangat sayang bila sampai gigi rusak akibat kurang dijaga karena tidak paham kesehatan gigi dan mulut kita.

Sisa makanan yang tidak dibersihkan, mengakibatkan endapan berwarna putih di sekitar gigi. Dan itu membuat permukaan gigi menjadi kasar dan jadi tempat retensi atau perlekatan sisa makanan. “Bila tidak dibersihkan akan jadi karang gigi dan itu menyebabkan penyakit gigi seperti gingivitis, periodontitis, gigi berlubang, yang lama kelamaan akan menyebabkan gigi goyang dan kemudian lepas,” cetus dokter gigi RSU Bhakti Husada, Krikilan, Glenmore, drg. Mimit seraya menyebut pemeliharaan kesehatan gigi dapat dilakukan sendiri dengan kontrol.

Kebersihan mulut, terang dia, bisa dilakukan dengan rajin menyikat gigi pada pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Makan makanan berserat, dapat membantu mencegah masalah pada gigi dan mulut, serta menjaga kebersihan rongga mulut. Secara buatan dengan cara kimiawi, menggunakan obat kumur untuk mematikan bakteri yang tertinggal di sela-sela gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung zat-zat yang diperlukan, seperti fluoride dan kontrol diet makanan, yaitu hindari makanan yang manis, melekat dan yang asam, menyikat gigi dengan cara dan waktu yang tepat, menyikat gigi sehabis makan dengan cara yang baik, mengusahakan menjangkau dan membersihkan seluruh permukaan gigi, gunakan sikat gigi dengan baik, lembut dan tak melukai gusi. Juga hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, dan hindari kebiasaan mengunyah pada satu sisi rahang.

Setiap dokter gigi, akan menyarankan mengontrol kebersihan gigi dan mulut minimal enam bulan sekali. Salah satu perawatan ringan selain memeriksakan gigi dan mulut, dapat dilakukan tindakan yang disebut dengan scalling yang bertujuan membersihkan karang pada gigi.

“Sebaiknya merawat gigi sejak dini, jangan tunggu gigi bermasalah baru mengunjungi dokter gigi. Gigi yang dirawat sejak dini, akan lebih sehat dan bebas dari masalah  dan gangguan kesehatan gigi pada saat dewasa. Bagi orang tua, saya berharap agar memperhatikan kebersihan gigi dan mulut dan mengontrol gigi anaknya itu minimal enam bulan sekali di rumah sakit,” ungkap drg. Mimit. (*/abi)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar