Cari Desainer Muda lewat Seleksi

DENPASAR - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) saat ini sedang mencari potensi-potensi para desainer muda lewat seleksi. Sebagai langkah awal, Bekraf terlebih dahulu melakukan sosialisai di tiga kota besar di Indonesia, yakni, Denpasar, Jogja, dan Bandung.

Kota pertama yang dilakukan sasaran sosialisasi ini adalah Denpasar, yang diadakan di Rumah Sanur, Sabtu (8/4) sore. Sosialisasi yang dilakukan oleh Deputi Riset dan Edukasi ini diikuti oleh ratusan anak muda kreatif se Bali.

Hadir sebagai narasumber dalam sosialisi diantaranya Mizan Allan sebagai ketua Steering Comite, Hastatjarjo Boedi Wibowo selaku Penggagas Seleksi Desainer Indonesia, Singgih Susilo Kartono selaku desainer produk radio katu dan sepeda bambu, Gede Kresna selaku arsitek, dan Ayip Budiman selaku Desainer dan Co-Founder Rumah sanur.

Ditemui di sela kegiatan tersebut, Toar R.E Mangaribi selaku Kepala Subdit Edukasi Sub Sektor Ekonomi Kreatif mengatakan, sosialisasi ini ditujukan kepada para desainer muda dan masyarakat umun. Seleksi desain Indonesia ini merupakan salah satu program unggulan Bekraf yang bertujuan untuk tumbuh berkembang secara maksimal melalui program pengembangan kapasitas secara berkelanjutan.  “Dengan adanya program ini, kami berharap agar para desainer ini nantinya bisa memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara melalui profesinya,” katanya.

Lanjut Mangaribi, pemilihan Denpasar, Jogja dan Bandung sebagai sasaran sosialisasi, dikarenakan tiga kota ini bisa dikatakan sebagai kota kreatif. Ruang lingkup yang yang dituju meliputi arsitektur, desain interior, desain kemunikasi visual, desain fashion, desain tata cahaya, desain produk, desain tekstil kriya dan lanscape.  “Alasannya karena ketiga kota ini bisa dikatakan sebagai kota kreatif. Kendati ketiga kota ini yang dipilih, namun tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan juga di kota lain yang terbilang kreatif,” imbuhnya. (mar/han/jpg)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar