Siswa TK di Dekat Pantai Diajak Selamatkan Penyu

KALIPURO - Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) bersama Jawa Pos Radar Banyuwangi terus gencar melakukan edukasi kepada siswa tentang pentingnya pelestarian penyu. Kali ini, tim edukasi penyu mengunjungi Taman Kanak-kanak (TK) Khadijah 127 di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, pagi kemarin (1/4).
Sedikitnya 80 siswa TK Khadijah 127 Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro mengikuti pelajaran muatan lokal tentang penyu kemarin. Mereka dijelaskan tentang bermacam jenis penyu yang hidup di sekitar Banyuwangi. Anak-anak TK itu juga dikenalkan apa saja ragam makanan penyu. Tidak ketinggalan, mereka juga diajari tentang predator atau pemangsa penyu.
Kegiatan edukasi ini dikemas dengan menarik. Tim BSTF dan Jawa Pos Radar Banyuwangi menampilkan gambar-gambar animasi penyu, video proses penyu bertelur, dan bermacam ilustrasi menarik. Tampilan itu membuat para siswa melongo dan kagum. Selain sajian visual, siswa juga bisa langsung melihat dan memegang keempat replika tukik (anak penyu) dan telur penyu.
Pada akhir paparan, siswa diberi pesan moral agar ikut melestarikan penyu yang hampir punah. Mereka juga diajak untuk jadi pelopor pelestari penyu. Caranya, mengajak orang tua dan keluarga masing-masing untuk tidak mengonsumsi telur, menjual, membeli, menyimpan, telur maupun penyu. Karena tindakan tersebut melanggar undang-undang dan bisa dikenakan pidana.
Di akhir acara, semua siswa tampak bersorak gembira karena mereka bisa memegang replika penyu hijau dari bahan karet. Tidak ketinggalan, siswa yang bertanya atau menjawab pertanyaan mendapat hadiah menarik yang dibagikan oleh BSTF.
Pendiri BSTFm Wiyanto Haditanojo mengatakan, kegiatan edukasi ke sekolah dan sosialiasi ke masyarakat pesisir akan terus dilaksanakan. “Semakin banyak yang peduli dan melestarikan penyu, berarti semakin banyak pula yang peduli dengan masa depan lingkungan sekitar kita,” ujar lelaki yang akrab disapa Wiwit itu.(bay)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar