Relawan BSTF Blusukan Pondok Pesantren As-Adiyah Ketapang

KALIPURO – Banyuwangi Sea Turtle Foundation atau disingkat BSTF menggeber kegiatan sosialisasi ke berbagai kalangan. Minggu lalu, tiga Taman Kanak-kanak (TK) sudah dikunjungi oleh Yayasan Penyu Banyuwangi. Saat ini, yayasan yang bergerak dalam bidang pelestarian penyu ini blusukan ke pondok pesantren.
Kemarin (28/3), ponpes yang pertama kali menjadi sasaran sosialisasi adalah Ponpes As'adiyah di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Di ponpes tersebut, sekitar 100 siswa dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) As'adiyah dan Madrasah Aliyah (MA) As'adiyah berjubel untuk mengikuti pencerahan.
Bertindak sebagai narasumber, Bayu Saksono, relawan BSTF yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) harian pagi Jawa Pos Radar Banyuwangi memaparkan ciri-ciri biologis penyu yang ada di Banyuwangi. Karena Banyuwangi yang dijuluki Sunrise of Java ini memiliki 4 jenis penyu dari 6 Penyu yang ada di Indonesia. Luar biasa. Selain itu, jenis-jenis predator alami Penyu juga dipaparkan dalam sosialiasi tersebut. Termasuk dampak yang diakibatkan dari perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab terhadap lingkungan.
Antusias peserta tampak terlihat dalam acara tersebut. Sehingga kesan akrab dan kesan gayeng dirasakan lebih dari dua jam selama acara berlangsung. Salah satu siswi MA bahkan antusias untuk bergabung menjadi relawan BSTF. Setelah MTs As'adiyah dan MA As'adiyah, rencananya Sabtu (29/3) mendatang giliran Taman Kanak-kanak (TK) Khadijah 127 Ketapang, Kecamatan Kalipuro.
Perlu diketahui, BSTF ini merupakan yayasan mandiri yang memfokuskan diri untuk pelestarian lingkungan terutama pada penyu sebagai hewan dilindungi. Bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Banyuwangi dan didukung penuh oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, BSTF terus berupa mengajak masyarakat untuk sadar akan status hampir punahnya hewan reptilia ini. Hal itu diwujudkan dengan edukasi ke sekolah-sekolah, sosialiasi ke kelompok nelayan dan masyarakat pesisir sampai dengan ajakan berinteraksi langsung dengan penyu melalui pelepas liaran tukik ke laut lepas. (*/als)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar