TK Hang Tuah Disambangi Relawan Penyu

BANYUWANGI – Setelah bertandang ke sekolah Polisih Cilik, Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari tim relawan Penyu terus melanjutnya road shownya. Kemarin (23/3) giliran Pelaut Cilik yang disambangi Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) atau Yayasan Penyu Banyuwangi.
Sebanyak seratus siswa TK Hang Tuah mengenakan baju putih-putih mirip seragam kelasi Angkatan Laut berbaris dihalam sekolah. Setelah senam dan membaca doa bersama mereka memasuki ruang kelas. Di dalam kelas telah disambut relawan Penyu Banyuwangi dengan didampingi perwakilan Badan konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Banyuwangi.
Jenis Penyu yang berhabitat di Banyuwangi, Ragam Makanan Penyu, Predator atau pemangsa Penyu semuanya dijelaskan oleh relawan BSTF secara rinci. Keaktifan siswa sangat terlihat dari semangat mereka untuk menjawab dan menyahuti beberapa pertanyaan yang dilontarkan. BSTF juga mengedukasi mereka untuk terbiasa membuang sampah ditempat yang sudah disediakan. Karena sampah yang terbuang sembarangan akan mencemari lingkungan. Termasuk air laut, bila tercemar maka habitat Penyu akan terancam.
Purwanto, petugas BKSDA wilayah Banyuwangi juga memberikan edukasi tentang beberapa hewan yang dilindungi oleh Undang-Undang. Seperti burung elang Jawa, Merak dan lain sebagainya. Sosialisi yang berlangsung selama 90 menit ini diakhiri dengan foto bersama semua siswa, guru dan relawan BSTF.
Selanjutnya, sekolah yang menjadi target relawan BSTF adalah TK Kartika Candra pada Sabtu (25/3) besok. Apabila ada sekolah yang ingin dikunjungi oleh BSTF untuk sosialisasi tentang pelestarian Penyu bisa menghubungi sekretariat BSTF yang terletak di Jalan Wahid Hasyim 34 Banyuwangi. “Selain sosialisasi kami juga mengajak untuk langsung aksi melestarikan Penyu,” ujar Wijanto Haditanoyo penggagas BSTF. Aksi tersebut bisa berbentuk bersih-bersih pantai, menjadi relawan BSTF sampai dengan memberi pakan Tukik dan pelepas liaran Tukik ke alam liar.(bay)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar