3 Unit Komputer Hidupkan lagi Perpustakaan Desa

SITUBONDO-  Dua perpustakaan desa mendapatkan bantuan 3 unit komputer beserta jaringan internetnya dari kerjasama pemerintah Indonesia dengan Bill Gates. 11 orang pengurus perpustakaan desa hari ini dibekali ilmu terkait operasi komputer dan jaringan internet di Perpustakaan Daerah Situbondo kemarin (20/3).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Indar Siswanto, mengatakan tujuan pemerintah dalam memberikan bantuan itu untuk pemberdayaan masyarakat desa. Sehingga warga desa juga dapat mengenal internet dan mengakses berbagai macam informasi. “Yang akhirnya informasi yang dibutuhkan oleh warga dapat diperoleh dengan cepat. Dan berujung pada kesejahteraan masyarakat,”

Selain itu, program kerjasama itu bernama PerpuSeru. Bantuan tersebut  juga untuk mengubah cara pandang  masyarakat terkait perpustakaan. Selama ini, perpustakaan hanya diartikan sebagai tempat membaca dan meminjam buku saja. “Jadi dengan adanya komputer dan teknologi, perpustakaan juga berfungsi sebagai sumber informasi terkini  dan tercepat,” tandasnya.

Pengawas program PerpuSeru, Fidan Safira, menjelaskan ada dua desa yang terpilih untuk mendapatkan bantuan itu. Yaitu desa Jetis dan desa Alsamalang. “Sebelum diserahkan pada 30 Maret mendatang, kami bekali mereka ilmu teknologi komputer dan jaringan internet dasar. Supaya komputer tersebut dapat maksimal fungsinya bagi masyarakat,” harapnya.

 Fidan mengungkapkan tujuan akhir PerpuSeru adalah mengakrabkan warga dengan perpustakaan. Tidak hanya menjadi tempat membaca dan meminjam buku saja. “Namun, juga tempat untuk mengadakan acara komunitas, diskusi terbuka, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan literasi,”pungkasnya.

Staf Pelayanan Perpustakaan Ghifari, menyatakan dua desa mendapatkan bantuan lantaran adanya iktikad baik dari Sumber Daya Manusia (SDM). Perpustakan desa yang ada di Desa Alasmalang memang sudah berjalan sejak tahun 2012. “Sedangkan perpustakaan desa Jetis sudah lama tidak terurus. Baru akhir tahun lalu dan awal tahun ini pengurusnya giat menghidupkan kembali perpustakaan,” katanya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar