15 ribu Pesepeda Gowes Bareng

SITUBONDO- Sekitar 15 ribu orang pencinta olahraga sepeda pancal memadati Alun-alun kota kemarin (19/3). Mereka berasal dari berbagai penjuru kota di Jawa Timur. Kegiatan  itu dalam rangka  Hari Ulang Tahun (HUT) ke 26 Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Situbondo.

Direktur PDAM Kabupaten Situbondo Jamal Fajri, mengatakan kegiatan bersepeda itu diikuti oleh perwakilan dari 17 PDAM yang tersebar di Jawa Timur. Setiap rombongan perwakilan rata-rata ada 20 orang peserta. “Selain dari luar kota, komunitas pesepeda lokal juga banyak yang ikut. Seperti  Jember, Bondowoso, Banyuwangi, juga banyak yang ikut,” jelasnya.

Jamal mengungkapkan tujuan utama kegiatan itu untuk mengakrabkan pelanggan PDAM Situbondo dengan pegawai PDAM, dan keakraban PDAM se Jatim. “Kegiatan ini untuk mengakrabkan hubungan pelanggan dengan seluruh petugas PDAM. Supaya komunikasi dalam pelayanan kami semakin baik,” katanya.

Panjang rute yang harus ditempuh peserta sepanjang 26 kilometer. Sesuai dengan angka ulang tahun. Ada tiga macam rute, yaitu kehormatan sejauh 5 kilometer (km), rute fun bike (on road) 26 km, dan rute ekstrem (off road) 7 km. Para pejabat pemerintahan dan para orang tua yang keberatan dengan rute on road dapat mengikuti rute kehormatan.”Rute ekstremnya ini melewati gunung Sampan, jembatan Seliwung, Bukit Putih, selanjutnya mengikuti rute on road. Jadi rute on road yang ditempuh peserta off road ada 19 km,” ungkapnya.

Peserta umum, Suyitno, 59, mengungkapkan rute yang harus ditempuh lumayan jauh. Namun, dia tetap senang mengikuti kegiatan itu. “Acara ini selain sebagai hiburan juga  sebagai sarana olahraga,” kata pria asal Kecamatan Panji itu.

Peserta dari Jember, Andi, 30, mengatakan trek yang harus dilalui dinilai cukup menantang. Tim evakuasi dari panita acara juga gesit dan tanggap. “Selama perjalanan tadi ada dua teman kami yang ban sepedanya bocor. Beruntung, panitia segera datang dan memboyong dua sepeda tadi,” paparnya.

Peserta dari PDAM Blitar, Hari, 32, menjelaskan jalur untuk rute ekstrem yang harus dilalui lumayan menegangkan. Karena lokasinya berada di perbukitan. “Jadi benar-benar menguras tenaga, tapi tetap asyik dan seru!” bebernya seraya tertawa. (ily)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar