Senam Hamil Bantu Kelancaran Persalinan

GLAGAH – Kehamilan menjadi momen yang dinanti setiap pasangan suami istri. Tidak jarang proses mengandung ini menjadi pengalaman berharga bagi setiap perempuan. Cukup wajar bila kemudian seorang pasangan suami istri mengharapkan proses kehamilan selamat sampai melahirkan dan mendapat buah hati yang sehat.

Ragam cara pun ditempuh ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Selain dengan memilih menu makanan bergizi. Ibu hamil juga biasanya menambah porsi menambah kesehatannya selama mengandung dengan melakukan senam hamil. “Senam hamil sangat direkomendasikan,” ujar bidan Wulan Retno.

Bidan asal Karangasem, Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, menjelaskan, senam hamil merupakan bentuk latihan bagi ibu hamil. Latihan ini memiliki manfaat untuk memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot pada dinding perut dan ligamen otot dasar panggul.

Semua bagian yang dilatih dalam senam hamil itu sangat berhubungan sekali dengan proses kelahiran nantinya. Senam hamil ini sendiri dapat dilakukan ibu hamil mulai usia kandungan memasuki trismester ketiga. “Laksanakan dengan rutin bisa membantu proses kelahiran,” imbuhnya.

Disebutkan Wulan, ada beberapa manfaat senam hamil yang bisa diperoleh oleh ibu hamil. Manfaat pertama, menyesuaikan tubuh dalam menyangga beban kehamilan. Faedah lainnya, membangun daya tahan tubuh serta memperbaiki sirkulasi dan respirasi ibu hamil tadi.

Efek tambahan lainnya yang bisa diperoleh dengan senam hamil, disebutkan Wulan, ibu hamil bisa membantu pernafasan. Ini penting karena kekuatan dan keteraturan nafas sangat penting bagi proses persalinan. “Disamping itu bisa meredakan ketegangan dan memunculkan rasa rileks,” ujarnya.

Selain senam hamil, Wulan juga menyarankan bagi ibu hamil untuk secara rutin memeriksakan kandungannya. Minimal satu bulan sekali demi kesehatan ibu dan janin yang di kandung. Cukup istirahat dan makanan bergizi juga sangat disarankan. (nic/als)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar