Peserta Kejuaraan Voli Lebihi Tahun Lalu

BANYUWANGI – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi kembali menggulirkan Kejuaraan Bola Voli tingkat pelajar SD-SMP dan SMA yang digelar 2-8 Maret mendatang. Hingga kemarin (20/2) tercatat sudah ada 122 tim putra dan putri dari semua jenjang yang telah mendaftarkan diri dalam Lomba tersebut.

Kepala Dispora Banyuwangi, Wawan Yadmadi melalui Kasi Pengembangan Pembinaan Prestasi, Ahmad Yani mengatakan, jumlah pendaftaran sementara ini sudah lebih tinggi lima persen dari jumlah peserta dari tahun sebelumnya. Namun, Yani mengatakan jumlah itu masih ada kemungkinan bertambah mengingat masih ada waktu dua hari lagi sebelum pendaftaran ulang dibuka.

Mantan Lurah Bulusan itu merinci, ada 10 tim putra dan 8 tim putri voli dari jenjang SD, kemudian 32 tim putra dan 24 tim putri dari jenjang SMP serta 31 tim putra dan 17 tim putri dari jenjang SMA yang telah mendaftar. Untuk jenjang SD mendaftarkan diri melalui perwakilan UPTD sedangkan SMA dan SMP masing-masing mewakili sekolahnya.

“Kita targetkan bisa lebih tinggi. Seperti jenjang SD maksimal ada 25 tim baik putra dan putri, sedangkan SMP dan SMA targetnya masing-masing ada 32 tim,” jelasnya. Pendaftaran ulang sendiri akan mulai dibuka tanggal 23-25 Februari. Lalu, dilanjutkan dengan temu teknik pada 28 Februari.

Setelah itu, setiap tim yang telah mendaftar akan disiapkan untuk mengikuti kejuaraan yang dimulai pada awal Maret nanti. “Yang paling sulit memang penjaringan dari tingkat SD. Karena itu, SD kita wakili per UPTD. Fokus kita nanti kejuaraan ini bisa menjaring atlet yang akan ditandingkan pada Popda tahun 2018 mendatang,” jelas mantan guru SMAN 1 Giri itu.

Sementara itu, Ketua Harian Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ayub Hidayat mengatakan, kejuaraan ini dapat menjadi pemanasan dan penjaringan bagi para atlet, terutama yang akan diikutkan pada Kejurprov Bola Voli Remaja pada pertengahan Maret depan. Karena untuk kategori remaja yang dibatasi dari usia 16 sampai 19 tahun juga ikut bertanding di jenjang SMA pada Kejuaraan pelajar yang dilaksanakan Dispora itu. “Bulan maret depan ada yang kita kejar, kejuaraan provinsi Bola Voli remaja. Ada Voli Indoor dan Pantai.” Terang Ayub. (fre/als)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar