Kemudahan Bagi Peserta BPJS yang KLL
BERITA TERKAIT

GENTeNG – Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas (KLL) di awal tahun 2017 yang mendapatkan perawatan di RS Al Huda Genteng, Banyuwangi, meningkat tajam. Belum genap sebulan di bulan Januari, Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSAH telah menangani 86 kasus KLL. Dari sekian kasus, yang memerlukan rawat inap sebanyak 32 pasien dan 54 menjalani rawat jalan. Sebagian besar kasus yang dirawat memerlukan tindakan operasi.

“Keberadaan layanan 24 jam pada IGD dan fasilitas penunjang lain seperti, Radiologi, Laboratorium dan Farmasi, membuat diagnosa bisa segera ditegakkan dan bisa cepat menentukan penanganan yang tepat. Sehingga dapat meminimalisir komplikasi yang tidak diharapkan,” ujar dr Agung Muhammad David Manajer IGD RSAH.

Dijelaskan, “dokter spesialis yang lengkap dan selalu siap, juga menjadikan IGD RSAH cepat dalam menangani segala kasus Kecelakaan yang datang dan juga kasus-kasus lain yang memerlukan penanganan segera. Beberapa dokter spesialis yang melayani di RS Al Huda selama ini antara lain, spesialis bedah dr. I Nyoman Wira Swastika, SpB dan dr. Agus Wahyudi, SpB. Spesialis ortopedi dr Anthoni Yusbida SpOT, dr Risandi P, SpOT. Spesialis  Urologi dr Rameshdo Yuanda  SpU, spesialis bedah syaraf dr. Firman Adi Sanjaya SpBS, spesialis mata dr Yoan Ari Wydianti, SpM,  Spesialis THT dr. Agung Idi Wiharto, SpTHT dan dr. Djohar Anwar, Sp THT, serta dr Spesialis Anestesi dr. Irfan Tri Wahyudi, SpAn dan dr. Julita Ramayani, SpAn,” jlentrehnya.          

Lebih lanjut, David mengatakan, “Sejak menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan per 1 Januari 2014, RSAH juga langsung berkoordinasi dengan pihak Jasa Raharja dan Unit Laka Lantas dalam pelayanan peserta BPJS yang mengalami Kecelakaan lalu lintas.”

Menurut dia, ketika ada korban kecelakaan lalu lintas yang memiliki Kartu Peserta BPJS dan biaya perawatannya melebihi batasan maksimal yang dijamin oleh pihak Jasa Raharja, sisanya akan ditanggung oleh pihak BPJS. “Ini sudah menjadi kesepakatan antara pihak BPJS dan Jasa Raharja.”

Menariknya, RS Al Huda juga siap membantu menguruskan proses klaim ke Jasa Raharja untuk setiap pasien korban kecelakaan lalu lintas yang dirawat di RS Al Huda. “Itupun tanpa dipungut biaya. Sehingga mempermudah layanan bagi pasien KLL. Bukan hanya untuk pasien peserta BPJS saja, tapi bagi seluruh penderita KLL yang dirawat di RSAH,” pungkas David. (*)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar