Hari Ini Desa Ketapang Terapkan Simade

KALIPURO – Pemerintah Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro hari ini (7/11) resmi menerapkan Sistem Informasi Manajemen Desa (Simade). Dengan menggunakan sistem ini, pelayanan publik akan lebih cepat dari sebelumnya. “Dengan sistem ini, pelayanan administrasi cukup dilayani hanya dalam waktu dua menit, karena aplikasi ini cukup menggunakan data NIK pemohon,” jelas Slamet Kasihono, Kepala Desa Ketapang, saat menerima kunjungan tim BPM-PD Kabupaten Magetan, di Balai Desa Ketapang, Jumat lalu (4/11).

Untuk lebih mempersingkat waktu, pemohon cukup mengirim SMS nomor NIK dan jenis surat yang dibutuhkan ke pusat layanan SMS Center milik desa. Setelah itu, staf administrasi desa langsung memproses surat tersebut.

“Pemohon tidak perlu antre dan cukup membawa surat pengantar RT untuk mengambil surat tersebut,” ungkap Slamet.

Yang istimewa, program tersebut langsung terintegrasi dengan pelayanan administrasi terpadu (Paten) di Kecamatan Kalipuro. Sehingga, surat yang membutuhkan tanda tangan camat tidak perlu dibawa ke kantor kecamatan tapi cukup dilayani di desa. “Jika ada surat yang harus ditandatangani camat, staf desa cukup mengirim permohonan persetujuan melalui aplikasi dan surat dicetak di desa,” ujar Anacleto Da Silva, Camat Kalipuro.

Menurut Anacleto, Simade  juga merekam rekapitulasi atau grafik data penduduk berdasar agama, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, status ekonomi, status kepemilikan rumah, golongan darah, dan kelompok usia, dan penduduk yang berhak mengikuti Pemilu.

Aplikasi tersebut juga mampu merekam data penduduk per dusun hingga per RT, penduduk sementara, penduduk pendatang, dan penduduk numpang kartu keluarga, penduduk meninggal dunia, kelahiran bayi, penduduk pindah keluar.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar