Festival Video Kreatif, Desa Segobang Andalkan Barong Cilik

LICIN – Masing-masing tim peserta video kreatif competition memiliki objek pilihan yang digunakan untuk materi perekaman. Ada yang mengambil sisi sumber daya alam, kesenian dan kebudayaan masyarakat. Tim Video Kreatif dari Desa Segobang kemarin (6/11) memilih kesenian barong cilik yang diselenggarakan di Kedawung Adventure dalam pengambilan objek kedua yang mereka ambil.

Pengambilan video di salah satu lokasi wisata yang sempat ramai ini, menurut Ketua Tim Video Kreatif Gatot Inwinarno,  memiliki dua maksud. Selain karena lokasinya memang bagus dan cocok untuk gelaran seni barong cilik, dia juga ingin mempromosikan lagi wisata Kedawung Adventure yang sempat ramai dengan wisata arung jeramnya.

Selain itu masyarakat yang datang untuk menyaksikan gelaran barong cilik juga bisa kembali mengunjungi Kedawung Adventure. “Dulu di sini ramai. Hampir tiap minggu selalu banyak tamu yang main arung jeram di sini. Tapi sudah beberapa bulan ini sepi, karena itu siapa tahu setelah kita libatkan sebagai objek di video kreatif nanti bisa menggeliat lagi,” ujar Gatot.

Selain barong cilik, dalam lomba video kreatif yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) dan Jawa Pos Radar Banyuwangi ini, timnya juga mengangkat beberapa potensi ekonomi warga. Sepertu gula semut, anyaman bambu, ukiran kayu dan kaligrafi.

Tak ketinggalan layanan kantor desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga ikut dimasukkan. Ini semata agar terlihat jalinan kuat antara pemerintah desa dan masyarakat. “Hampir semua kerajinan yang ada di sini pernah memperoleh pelatihan. Tetapi jika tidak ada pendampingan dari pemerintah, hasilnya sama saja. Akan menguap. Karena itu di sini kita ikut sertakan. Kalah menang urusan kedua yang penting kita promosikan desa nya, manfaat lomba ini besar sekali nantinya,” ungkap Sekretaris Desa Segobang itu.

Tim yang terdiri dari Mudofir, Ahmad Saifur Rizal, Rusi Maidah dan Bahtiar Afandi rencananya juga akan ikut mengangkat sedikit potensi sumber daya alam. Karena potensi SDA yang ada juga tak kalah menarik dengan yang ada di desa lainnya di Kecamatan Licin. “Kegiatan ini memancing kreativitas anak muda. Tim video sendiri banyak yang mahasiswa, kita cegah sebelum mereka merantau. Kita minta bantuin di sini. Dan mereka mau,” tambah Kepala Desa Segobang, Abdul Kholik. (fre/aif)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar