Film Dokumenter Semakin Digemari Kalangan Muda

BANYUWANGI - Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) PGRI Banyuwangi menggelar Seminar Eksistensi Seniman Modern. Tema yang diusung adalah bedah film dokumenter dengan  narasumber Vicky Hendri Kurniawan.

        Dia adalah juara apresiasi film Indonesia dan sutradara film documenter limnocharis. Bedah film dokumenter ini dilaksanakan pada Kamis (10/3) di Aula STIKOM PGRI Jalan A Yani Banyuwangi.

        Ketua STIKOM PGRI Banyuwangi H Chairul Anam mengatakan, pengenalan film dokumenter kepada mahasiswa maupun remaja sangat penting sekali. Teknologi yang semakin canggih sangat memungkinkan semua pihak membuat film dokumenter yang pada saatnya dapat memberikan keuntungan bagi pembuatnya. “Film dokumenter tidak hanya karya seni film yang menyajikan kisah nyata, namun sarat pesan moral, namun juga merupakan sarana mengasah idealisme bagi pembuat film dokumenter dan penontonnya," ujar Anam.

        Karena itu, setiap karya film dokumenter itu perlu mendapat apresiasi. Karena sudah pasti pembuat film dokumenter itu memiliki kepekaan terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya.     

        Ketua pelaksana bedah film dokumenter Intan Pranata menambahkan, STIKOM PGRI mengadakan kegiatan tersebut dalam upaya memperkenalkan apa dan bagaimana cara membuat film dokumenter. Jika pengenalan film dokumenter ini sudah bisa dikuasai peserta maka diharapkan mereka mampu berkompetisi di ajang nasional, regional maupun global. “Peserta dalam seminar ini adalah pelajar tingkat SMA/SMK sederajat serta beberapa perguruan tinggi, salah satunya STIKOM PGRI,” kata mahasiswi semester 6 jurusan TI ini.

        Sementara itu, Vicky Hendri Kurniawan mengatakan film dokumenter semakin menarik perhatian banyak kalangan. Meskipun secara segmen penontonnya relatif terbatas. Berbeda dengan film-film komersial yang selalu banjir. Hanya saja, dia yakin pengemasan film dokumenter yang ringan dan mengalir dapat menarik penonton yang juga banyak. Apalagi secara perlahan film dokumenter memang nyata mampu menggerakkan kesadaran penontonnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar